Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografi: Pengertian, Tujuan, dan Prinsipnya

Kompas.com - 15/12/2021, 12:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comFotografi merupakan metode penghasilan foto atau gambar. Fotografi sering dilakukan untuk mengabadikan momen, baik dalam produksi berita, pembuatan iklan, maupun keperluan lainnya.

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah cahaya. Karena tanpanya, tidak ada hasil foto yang bisa dibuat dan dilihat.

Pengertian fotografi

Menurut Pundra Rengga Andhita dalam buku Komunikasi Visual (2021), kata fotografi berasal dari bahasa Yunani, yakni photos dan grafos. Photos berarti cahaya, sedangkan grafos artinya menggambar atau melukis.

Stephen Bull mendefinisikan fotografi sebagai kegiatan melukis atau menggambar dengan memanfaatkan cahaya.

Dikutip dari buku Fotografi: Belajar Fotografi (2017) karya Bambang Karyadi, secara umum, fotografi merupakan metode atau cara penghasilan foto dari suatu objek atau subjek dari hasil pantulan cahaya yang mengenainya, dan direkam lewat media berupa kamera yang peka terhadap pencahayaan.

Baca juga: Pengertian New Media dan Manfaatnya

Tujuan fotografi

Dalam buku Terampil Fotografi dengan Teknik Peer Tutoring (2020) karya Darsono, tujuan fotografi yang paling utama ialah komunikasi yakni hubungan langsung antara fotografer serta penikmat hasil fotonya.

Fotografer dalam hal ini berperan sebagai perekam peristiwa yang kemudian disajikan kepada khalayak lewat hasil foto.

Prinsip fotografi

Prinsip fotografi ialah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan, sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya.

Medium tersebut dibakar dengan luminans (ukuran intensitas cahaya yang berasal dari sumber dalam satu arah) cahaya yang tepat, dan akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan, atau yang selanjutnya disebut lensa.

Agar intensitas cahaya tepat untuk menghasilkan gambar, dibutuhkan alat bantu ukur bernama lightmeter. Setelah mendapatkan pencahayaan yang tepat, fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah pengaturan pada kamera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com