Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Tidak Menerapkan Sila Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 10/11/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pancasila merupakan dasar negara sekaligus pedoman hidup bangsa Indonesia. Lima sila yang ada dalam Pancasila hendaknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengutip dari buku Pancasila dan Tokoh Pahlawan Indonesia (2020) karya Eva Nur Eviyana, dkk, sila yang ada dalam Pancasila mengandung nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sebagai pedoman, Pancasila digunakan untuk menuntun seseorang agar bertindak serta berperilaku sesuai lima sila dan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Dampak tidak menerapkan sila Pancasila 

Menurut Sedarnawati Yasni dalam buku Merawat Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Kebhinnekaan di Tengah Covid-19 (2021), Pancasila bukan hanya berlaku sebagai dasar negara Indonesia saja. Namun, juga harus dihafalkan serta diterapkan.

Karena dengan menerapkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat bisa hidup berdampingan satu sama lain, serta terhindar dari permasalahan yang bisa memecah belah persatuan Indonesia.

Baca juga: Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

Dampak yang terjadi jika tidak menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Jika kita tidak menerapkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kondisi masyarakat Indonesia akan dipenuhi konflik dan hidupnya tidak rukun.

Sebagai contoh, sila pertama Pancasila berbunyi “Ketuhahan Yang Maha Esa”. Sila pertama ini bisa diterapkan dengan menghormati dan menghargai teman yang memiliki agama atau keyakinan berbeda.

Apabila sila pertama ini tidak diterapkan, masyarakat yang kondisinya beragam karena memiliki agama dan keyakinan berbeda akan mengalami konflik satu sama lain.

Selain dipenuhi konflik, tidak diterapkannya sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari juga menimbulkan pelanggaran hak serta kewajiban. Misalnya suatu kelompok masyarakat bisa dengan bebas mengambil hak masyarakat yang lain, dan tidak menjalankan kewajibannya.

Tidak menerapkan sila Pancasila juga membuat kehidupan masyarakat menjadi tidak aman serta tidak tertib, sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Baca juga: Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa

Bila disimpulkan, ada tiga hal yang akan terjadi jika kita tidak menerapkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  1. Kehidupan masyarakat yang dipenuhi konflik dan kondisinya tidak rukun.
  2. Dapat menimbulkan pelanggaran hak dan kewajiban.
  3. Menimbulkan rasa tidak aman dan tidak nyaman, serta kondisi masyarakat tidak tertib.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com