Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Apotek Hidup menjadi Aktivitas Manusia yang Berkaitan dengan Kondisi Geografis?

Kompas.com - 29/10/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apotek hidup memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya untuk pengobatan, tetapi juga bagi lingkungan sekitar.

Ada banyak contoh tanaman apotek hidup yang bisa ditanam di pekarangan rumah, yakni mahkota dewa, bawang merah, lidah buaya, jeruk nipis, jinten, kumis kucing, temulawak, daun sirih, dan masih banyak lagi.

Dimas Satriadi dalam jurnal Sistem Pakar pada Tanaman Apotek Hidup untuk Pengobatan Alternatif Menggunakan Metode Certainty Factor (2017), menjelaskan bahwa apotek hidup merupakan pemanfaatan tanah untuk ditanami tanaman obat untuk keperluan sehari-hari.

Apotek hidup menjadi aktivitas manusia 

Melansir dari situs resmi Desa Kertamulya, Kabupaten Bandung Barat, kondisi geografis adalah kondisi atau keadaan suatu wilayah yang dilihat dari keadaannya yang berkaitan dengan aspek geografis.

Aspek tersebut meliputi letak geografis (luas dan bentuk posisi koordinat dalam peta), relief (kenampakan permukaan daratan dan perairan), iklim dan cuaca, jenis tanah, sumber daya alam, serta flora dan fauna.

Baca juga: Pengertian Apotek Hidup

Tentu saja apotek hidup menjadi aktivitas manusia yang berkaitan dengan kondisi geografis. Hal ini karena penanaman tumbuhan apotek hidup harus memperhatikan kondisi geografis suatu wilayah, berikut dengan proses perawatannya.

Ada banyak jenis tanaman apotek hidup. Semuanya memiliki karakteristik berbeda yang tidak bisa disamakan.

Ada jenis tanaman apotek hidup yang bisa bertahan hidup di dataran tinggi dan dataran rendah. Namun, ada pula yang hanya bisa bertahan hidup di salah satu jenis dataran saja.

Tidak hanya itu, kondisi cuaca, iklim, dan jenis tanah juga memengaruhi tanaman apotek hidup. Sehingga proses penanaman dan perawatannya harus disesuaikan dengan kondisi geografis suatu wilayah.

Untuk pemanfaatannya, tanaman apotek hidup bisa dimanfaatkan menjadi tanaman obat ataupun bumbu dapur.

Hal ini juga bergantung kondisi geografisnya. Ada wilayah yang menggunakan apotek hidup sebagai bumbu dapur dan tanaman obat. Namun, ada juga yang hanya memanfaatkannya untuk satu hal saja.

Baca juga: Dampak jika Manusia Hidup Tidak Selaras dengan Alam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com