Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Sikap Memperkokoh Pertemanan

Kompas.com - 19/10/2021, 08:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri, melainkan bergantung kepada satu-sama lain.

Menjalin pertemanan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk saling bergantung, sekaligus membangun interaksi sosial.  

Menurut J. W. Santrock dalam buku berjudul Adolescence Perkembangan Remaja (2003) pertemanan adalah suatu bentuk kedekatan hubungan yang meliputi kesenangan, penerimaan, kepercayaan, penghargaan, bantuan yang saling menguntungkan, saling memercayai, pengertian, dan spontanitas.

Merawat pertemanan seperti halnya merawat tanaman. Memperkokoh pertemenan tentu akan membuat sesama manusia terus saling terhubung dengan baik. Salah satu hal untuk memperkokoh pertemanan adalah dengan hidup saling melengkapi. 

Baca juga: Contoh Kelompok Sosial yang Terbentuk dari Faktor Geografis

Berikut contoh sikap lainnya yang dapat memperkokoh pertemanan:

Menghormati perbedaan

Manusia bermacam-macam, mereka memiliki sifat fisik dan psikis yang berbeda-beda. Terkadang perbedaan membawa konflik dalam pertemanan, sehingga dibutuhkan sikap untuk menghormati perbedaan.

Dalam pertemanan, sangat wajar terjadi perbedaan pendapat, pandangan, kondisi sosial, ekonomi, maupun fisik. Yang harus dilakukan adalah menghormati perbedaan tersebut dan saling mengerti antara satu sama lain.

Saling melengkapi

Ketika kita bisa menghormati perbedaan dalam pertemanan, kita juga bisa saling melengkapi. Saling melengkapi kekurangan masing-masing dan membantu satu-sama lain untuk berkembang menjadi lebih baik adalah hal yang dapat memperkokoh pertemanan.

Memberikan kasih sayang

Kasih sayang adalah wujud penting pertemanan. Kasih sayang dapat diberikan dengan cara mendukung teman, memotivasi, bersimpati ketika sedih, memperingati hari penting, merayakan pencapaian, memberikan pujian dan semangat, dan memberikan respons baik ketika dimintai bantuan.

Baca juga: Penjelasan Interaksi Sosial dan Lingkungan Alam

Mengatur emosi

Pada dasarnya, pertemanan dilandasi oleh emosi baik yang sifatnya positif maupun negatif. Menurut Putri Damayanti dan Haryanto dalam jurnal Kecerdasan Emosional dan Kualitas Hubungan Persahabatan (2017), dalam menghadapi konflik yang muncul dalam pertemanan, seseorang harus mengasah dan mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

Mengatur emosi bukan berarti kita tidak boleh marah kepada teman, melainkan bagaimana cara menyampaikan emosi agar tepat dan efektif tanpa menimbulkan konflik yang berlebihan.

Seseorang dengan kecerdasan mengatur emosi yang baik, biasanya memiliki pertemanan yang lebih lama.

Menjadi pendengar yang baik

Dalam pertemanan, kita harus menjadi pendengar yang baik. Ketika didengarkan dengan baik, seseorang akan merasa bahwa mereka diperhatikan, dipedulikan, dan bahwa mereka adalah orang yang penting. Dari sanalah muncul kepercayaan dan pengertian antarsatu sama lain yang dapat memperkokoh pertemanan.

Tidak bersifat egois

Dalam pertemanan, bersikap egois adalah musuh. Seseorang yang bersikap egois cenderung memiliki pertemanan yang singkat.

Contoh bersikap tidak egois dalam pertemanan adalah tidak hanya datang ketika kesulitan saja, tidak melupakan teman lama, tidak menyepelekan masalah atau pencapaian teman, dan membantu teman ketika dibutuhkan.

Baca juga: Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Menjaga kepercayaan

Pertemanan dilandasi dengen kepercayaan. Sehingga kita harus menjaga kepercayaan untuk memprkokoh pertemanan. Tidak membocorkan rahasia kepada orang lain dan tidak berbohong merupakan dua contoh dari cara menjaga kepercayaan dalam pertemanan.

Meluangkan waktu bersama

Kebanyakan orang mengandalkan kesan pertama untuk berteman dengan orang lain. Namun, sering dijumpai bahwa orang yang memberikan kesan pertama tidak disukai malah berakhir menjadi teman kita.

Menurut K. G. Duffy dalam buku Psychology for Living (2002) menyebutkan bahwa hal tersebut disebabkan minimnya informasi yang dimiliki saat menilai orang lain dari pertemuan pertama. Sehingga penting untuk meluangkan waktu bersama agar saling mengenal satu-sama lain.

Meluangkan waktu bersama merupakan tanda pentingnya seorang teman dalam kehidupan. Sehingga pertemanan yang lama adalah pertemanan yang setiap anggotanya dapat meluangkan waktu untuk bersama di tengah-tengah kesibukan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com