Kompas.com - 13/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi kelompok sosial freepik.comIlustrasi kelompok sosial

KOMPAS.comKelompok sosial adalah sekumpulan orang atau masyarakat yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan kelompok dan saling berinteraksi satu sama lain.

Tangson R. Pangaribuan dalam jurnal Hubungan Variasi Bahasa dengan Kelompok Sosial dan Pemakaian Bahasa (2010), menuliskan bahwa ada sejumlah faktor yang memengaruhi terbentuknya kelompok sosial.

Salah satunya faktor geografis. Faktor ini dapat mendorong masyarakat di suatu wilayah yang sama untuk membentuk kelompok sosial.

Kelompok sosial berdasarkan faktor geografis

Menurut Suardi dan Syarifuddin dalam jurnal Peran Ganda Istri Komunitas Petani (2015), kesamaan geografis atau letak wilayah menjadi salah satu faktor pembentukan kelompok sosial.

Masyarakat cenderung membuat kelompok sosial, yang nantinya diharapkan bisa menjadi ciri khas kelompok masyarakat.

Baca juga: Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam jurnal Eksistensi Kelompok-Kelompok Sosial dalam Melestarikan Nilai-Nilai Budaya di Desa Kamangta Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa (2016) karya Frangky Benjamin Kandioh, dkk, disebutkan bahwa kesamaan faktor geografis memudahkan anggotanya untuk berinteraksi dan bersosialisasi satu sama lain.

Hal ini bisa terjadi karena lokasi yang berdekatan memudahkan mereka untuk melakukan kegiatan bersama, menyusun rencana atau aktivitas, dan lain sebagainya.

Contoh kelompok sosial faktor geografis

Dikutip dari Buku Ajar Sosiologi Kesehatan (2015) karya Syukra Alhamda, salah satu contoh kelompok sosial yang terbentuk dari faktor geografis adalah Rukun Tetangga atau RT serta Rukun Warga atau RW.

Berikut ini contoh kelompok sosial yang dasar pembentukannya melalui faktor geografis yaitu kelompok petani di dataran rendah, kelompok penanam teh di dataran tinggi, kelompok pengusaha di daerah industri, kelompok peternak sapi di kawasan dataran rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.