Kompas.com - 26/06/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/VECTORPOUCHIlustrasi.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com - Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial adalah interaksi sosial manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup akan membentuk lembaga sosial.

    Berikut ini penjelasannya:

    Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

    Menurut Soerjono Soekanto dalam Sosiologi Suatu Pengantar (2013), setiap masyarakat mempunyai kebutuhan-kebutuhan pokok yang bila dikelompok-kelompokkan terhimpun menjadi lembaga kemasyarakatan.

    Mengutip Kemdikbud RI, interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial. Tanpa interaksi sosial tidak akan ada kehidupan bersama.

    Bertemunya orang-perorangan (individu) atau kelompok dalam pergaulan hidup akan menghasilkan kelompok sosial yang hidup bersama yang membutuhkan aturan.

    Dari situ lahirlah lembaga yang terbentuk akibat berbagai aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui interaksi sosial.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Baca juga: Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

    Peristiwa aktivitas manusia yang selalu berulang dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan mencari berbagai alternatif kebutuhan itu akhirnya melembaga dan melekat pada masing-masing individu.

    Adanya interaksi sosial antarindividu dan kelompok atau interaksi sosial antarkelompok untuk memenuhi kebutuhan hidup maka dalam masyarakat terbentuk berbagai lembaga sosial.

    Manusia (individu maupun kelompok) mempunyai kebutuhan bermacam-macam yang dipenuhi melalui lembaga sosial. Lembaga sosial dimaksudkan untuk memenuhi berbagai keperluan pokok kehidupan manusia.

    Halaman:

    Sumber Kemdikbud
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.