Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisme Heterotrof dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 03/02/2021, 14:57 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makhluk hidup di Bumi ada yang bersifat autotrof dan heterotrof. Autotrof adalah jenis organisme yang dapat membuat makannnya sendiri dari zat anorganik menjadi zat organik, seperti yang terjadi pada tumbuhan. Lalu apakah yang dimaksud dengan organisme heterotrof?

Dilansir dari Biology LibreText, organisme heterotrof adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga harus memakan organisme lain. Hal ini membuat organisme heterotrof adalah konsumen dalam rantai makanan.

  • Herbivora

Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Herbivora merupakan konsumen pertama dalam rantai makanan. Contoh hewan herbivora adalah sapi, kambing, kupu-kupu, jerapah, panda, burung kolibri, burung merpati, rusa, dan kelinci.

  • Karnivora

Karnivora adalah hewan pemakan daging yang memangsa hewan lainnya. Karnivora memiliki bisa, gigi, cakar, ataupun taring yang tajam untuk membantunya berburu dan membunuh mangsanya. Contoh karnivora adalah hyena, singa, berang-berang, luwak, fossa, anjing laut, dan walrus.

Baca juga: Contoh Hewan Karnivora

  • Omnivora

Omnivora adalah jenis hewan pemakan segala yang memakan daging, tumbuhan, dan juga serangga. Contoh omnivore adalah tikus, tupai, monyet, simpanse, bebek, kecoa, lalat, lele, kura-kura, dan beberapa spesies katak.

  • Insektivora

Insektivora adalah kelompok organisme heterotrof yang merupakan pemakan serangga. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, insektivora kebanyakan merupakan penggali tanah yang baik, namun ada juga amfibi dengan indra pendengaran atau perasa yang sangat kuat.

Organisme heterotrof yang merupakan pemakan serangga adalah landak, trenggiling, tikus, tikus tanah, dan beberapa spesies katak.

  • Detritivora

Dilansir dari Biology Dictionary, detritivora adalah kelompok organisme heterotrof yang memakan bahan organik dari sisa-sisa makhluk hidup. Organisme detritvora adalah pengurai yang menguraikan dengan cara mengonsumsinya.

Contoh detrivora adalah cacing, tungau, kumbang, kaki seribu, lalat kotoran, siput, springtail, kutu kayu, lipan, lobster, kepiting, teripang, dan bintang laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com