Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Poster dan Brosur?

Kompas.com - 31/01/2021, 17:34 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Poster dan brosur adalah sarana promosi barang atau jasa. Tujuannya supaya masyarakat luas mengenal, membeli, dan menggunakan produk yang ditawarkan.

Sebagai salah satu media promosi, poster dan brosur memiliki beberapa perbedaan. Apa sajakah itu?

Pengertian poster 

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, poster merupakan pengumuman atau iklan yang dicetak dan disebarkan ke masyarakat luas.

Poster harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pembaca. Misalnya dari desain yang mencolok atau dari segi desainnya yang ringkas.

Ide penggunaan poster muncul sekitar tahun 1860. Karena adanya penemuan litografi atau cetak ofset yang memungkinkan produksi poster dengan mudah serta murah.

Menurut Yuliandi Kusuma dalam Buku Trik Paten Poster Keren (2009), poster atau plakat berisi gambar dan tulisan di atas kertas yang berukuran besar. Cara penggunaan poster biasanya dengan ditempel di permukaan yang datar, seperti tembok.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan dan Poster

Poster bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Namun, biasanya poster digunakan untuk satu tujuan saja, seperti propaganda, atau promosi produk, atau penjualan produk, atau promosi acara.

Poster berbeda dengan media promosi lainnya. Karena cara pengaplikasian poster ditempel sehingga masyarakat bisa melihat dan membaca informasi tanpa harus membawanya.

Hal ini berarti poster harus dibuat semenarik dan sesingkat mungkin. Agar masyarakat luas bisa langsung menangkap pesannya.

Contohnya poster acara pameran, berisi jadwal (tanggal, hari, dan jam) serta keterangan tempat acara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com