Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2021, 16:37 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang yang terdiri dari dua bidang, yaitu bidang listrik (elektro) dan bidang magnetik sehingga tidak memerlukan medium untuk merambat. Contoh gelombang elektromagnetik adalah cahaya.

Cahaya dari Matahari yang sangat jauh sampai ke Bumi dengan merambat secepat 300.000.000 meter per detik di luar angkasa yang hampa. Namun gelombang elektromagnetik tidak hanya cahaya matahari, untuk mengetahui apa saja jenisnya yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Jenis gelombang elektromagnetik bisa dibedakan menurut spektrum gelombang elektromagnetik. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, spektrum elektromagnetik adalah rentang radiasi elektromagnetik yang menunjukkan berbagai jenis gelombang elektromagnetik sesuai frekuensi dan panjang gelombangnya.

Baca juga: Contoh Soal Menghitung Gelombang Cahaya

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Spektrum gelombang elektromagnetik

  • Radio

Gelombang radio adalah sinar elektromagnetik dengan frekuensi terkecil namun panjang gelombang terbesar (ingat bahwa frekuensi berbanding terbalik dengan panjang gelombang).

Gelombang radio digunakan untuk segala macam komunikasi, dimulai penyiaran radio, komunikasi antar kapal laut, hingga untuk mengirim sinyal darurat pada tim penyelamat seperti di film-film.

  • Gelombang Mikro (Microwave)

Dilansir dari NASA, gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk memasak dan juga mempelajari struktur galaksi terdekat oleh astronom.

  • Inframerah

Inframerah adalah gelombang elektromagnetik yang tidak hanya dipancarkan Matahari namun juga oleh makhluk hidup. Inframerah digunakan dalam teknologi pengelihatan termal, sistem keamaan, remote control, dan juga pemetaan debu antar bintang.

Baca juga: Menyelesaikan Soal Interferensi Cahaya

  • Cahaya Tampak (Visible Light)

Cahaya tampak adalah gelombang elektromagnetik yang dapat terlihat oleh mata kita seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Cahaya yang memiliki panjang gelombang terbesar adalah merah dengan panjang gelombang 620 nm hingga 750 nm. Sedangkan cahaya yang memiliki panjang gelombang terkecil adalah ungu 380 nm hingga 450 nm.

  • Ultraviolet (UV)

Dilansir dari ThoughtCo., sinar ultraviolet adalah gelombang elektromagnetik yang berbahaya bagi manusia, saking berbahayanya sinar ultraviolet dapat membunuh berbagai jenis bakteri.

  • Sinar X (X-Ray)

Sinar X-ray adalah radiasi elektromagnetik yang memiliki daya tembus sehingga dapat menggambarkan gigi dan tulang juga kelainan dalam tubuh. Dalam bidang kedokteran, sinar X lah yang digunakan dalam rontgen juga pemeriksaan kesehatan pasien.

  • Sinar Gamma

Sinar gamma adalah radiasi elektromagnetik terkuat yang bahkan bisa menembus tembok. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sinar gamma memiliki energi foton yang melebihi puluhan ribu hingga triliun elektron volt.

Dalam bidang medis, sinar gamma digunakan dalam alat Positron Emission Tomography (PET) untuk terapi radiasi dan pengobatan kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com