Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Perbedaan Poster dan Brosur?

Sebagai salah satu media promosi, poster dan brosur memiliki beberapa perbedaan. Apa sajakah itu?

Pengertian poster 

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, poster merupakan pengumuman atau iklan yang dicetak dan disebarkan ke masyarakat luas.

Poster harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pembaca. Misalnya dari desain yang mencolok atau dari segi desainnya yang ringkas.

Ide penggunaan poster muncul sekitar tahun 1860. Karena adanya penemuan litografi atau cetak ofset yang memungkinkan produksi poster dengan mudah serta murah.

Menurut Yuliandi Kusuma dalam Buku Trik Paten Poster Keren (2009), poster atau plakat berisi gambar dan tulisan di atas kertas yang berukuran besar. Cara penggunaan poster biasanya dengan ditempel di permukaan yang datar, seperti tembok.

Poster bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Namun, biasanya poster digunakan untuk satu tujuan saja, seperti propaganda, atau promosi produk, atau penjualan produk, atau promosi acara.

Poster berbeda dengan media promosi lainnya. Karena cara pengaplikasian poster ditempel sehingga masyarakat bisa melihat dan membaca informasi tanpa harus membawanya.

Hal ini berarti poster harus dibuat semenarik dan sesingkat mungkin. Agar masyarakat luas bisa langsung menangkap pesannya.

Contohnya poster acara pameran, berisi jadwal (tanggal, hari, dan jam) serta keterangan tempat acara.

Brosur terdiri atas beberapa halaman yang dilipat dan tidak dijilid. Biasanya digunakan untuk memberi informasi suatu perusahaan atau organisasi.

Berbeda dengan poster, brosur dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat luas, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk menangkap informasi.

Brosur mengandung lebih banyak informasi atau penjelasan mendetail. Karena tujuannya ingin mengenalkan dan memasarkan produk secara langsung.

Contohnya brosur penjualan smarthpone, berisi foto produk, harga, serta keterangan mendetail tentang spesifikasinya.

Perbedaan poster dan brosur

Dari pengertian di atas, dapat dipahami jika poster dan brosur berbeda. Poster digunakan dengan cara ditempel di permukaan yang datar. Sedangkan brosur digunakan dengan cara disebarkan ke masyarakat.

Poster mengutamakan desain yang mencolok serta penggunaan kalimat yang ringkas. Brosur mengutamakan informasi mendetail tentang suatu produk, organisasi atau perusahaan.

Biasanya poster memiliki ukuran yang lebih besar dibanding brosur. Poster tidak dilipat sedangkan brosur dilipat.

Informasi dalam poster harus dipahami secepat mungkin oleh masyarakat karena ditempel. Sedangkan informasi dalam brosur bisa dipahami lebih mendalam karena disebarkan secara cuma-cuma ke masyarakat.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/31/173455269/apa-perbedaan-poster-dan-brosur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke