Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Perbedaan Lemak Jenuh dan Tak Jenuh

Kompas.com - 18/12/2020, 20:03 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara struktur, lemak jenuh merupakan tipe lemak yang rantai asam lemak nya memiliki seluruh atau utamanya ikatan tunggal. Sementara lemak tak jenuh memiliki ikatan-ikatan yang longgar sehingga lemak ini berwujud cair pada suhu ruangan.

Di sisi lain, ada berbagai sumber lemak jenuh dan tak jenuh, apa saja contohnya? Juga, apakah minyak adalah sumber dari lemak? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini! 

Soal dan Pembahasan

1. Apakah perbedaan antara minyak dan lemak?

Jawaban:

Dilansir dari Biology Libretexts, minyak dan lemak keduanya adalah trigliserida yang tersusun dari asam lemak yang sangat kompleks.

Namun lemak dan minyak sangatlah berbeda, dalam suhu ruang, lemak berbentuk padat sedangkan minyak berbentuk cair yang didasarkan perbedaan ketidakjenuhan atom karbon dari asam lemak penyusunnya.

Baca juga: Mengenal Lemak Jenuh, Jenis Lemak yang Dianggap Jahat untuk Tubuh

Minyak bersumber dari berbagai macam tumbuhan (nabati) dan juga ikan, sedangkan minyak biasanya bersumber dari hewani.

 

Trigriserida nabati berbentuk cair sehingga disebut dengan minyak nabati, sedangkan trigliserilda hewani berisifat padat karna kejenuhan yang tinggi sehingga disebut lemak hewani.

Kebanyakan lemak adalah lemak jenuh atau lemak tidak sehat, sedangkan kebanyakan minyak adalah lemak tidak jenuh atau lemak baik. Namun minyak kelapa adalah contoh minyak yang bersifat sebagai lemak jenuh (lemak jahat).

Minyak dapat diubah menjadi lemak melalui proses hidrogenasi dimana ikatan trigliserida tak jenuhnya diubah sehingga bentuk fisiknya menjadi lemak padat.

2. Sebutkan contoh lemak jenuh dan lemak tak jenuh!

Jawaban:

Contoh lemak jenuh adalah daging sapi, daging kambing, daging domba, mentega, krim, keju, susu, kue, pastri, biskuit, coklat, dan produk olahan susu lainnya.

Baca juga: Mengapa Lemak Jenuh Berbahaya bagi Jantung?

Contoh lemak tak jenuh telur, salmon, makarel, minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan minyak nabati seperti minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak bunga mawar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com