Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Gerund dan Infinitive

Kompas.com - 14/12/2020, 19:17 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com – Ketika menyampaikan suatu kalimat bahasa Inggris, kita biasa menggunakan gerund maupun infinitive. Apa perbedaan antara keduanya? Simak ulasannya berikut ini:

Gerund merupakan kata kerja yang diberi imbuhan –ing dan fungsinya di dalam kalimat adalah sebagai kata benda atau noun.

Sedangkan infinitive, seperti yang dikutip dari Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary (2015), the infinitive of a verb is the basic form, for example “do”, “be”, “take”, and “eat”. The infinitive is often used with “to” before it.

Infinitive adalah bentuk dasar dari kata kerja, contohnya “do”, “be”, “take”, dan “eat”. Infinitive sering digunakan dengan “to” di depannya.

Maka dari itu, perbedaan yang mencolok dari keduanya ialah gerund menggunakan –ing, sedangkan infinitive merupakan kata kerja dasar atau biasa menggunakan “to”.

Baca juga: Pengertian Gerund dan Contohnya

Penggunaannya dalam kalimat memang sama, yaitu menjadi kata benda. Terkadang hal tersebut yang membuat kita yang bukan penutur asli bahasa Inggris menjadi sedikit bingung kapan harus menggunakan gerund maupun infinitive.

Namun ada hal yang bisa kita bedakan, yaitu ada kata kerja tertentu yang digunakan dengan gerund saja, infinitive saja, atau bisa keduanya.

Berikut adalah kata kerja yang umum digunakan dengan gerund dan infinitive seperti yang dikutip dari BBC Learning English:

  • Yang diikuti oleh gerund: admit, advise, consider, discuss, dislike, dread, enjoy, finish, mind, practise, recommend, suggest
  • Yang diikuti oleh infinitive: agree, appear, choose, decide, expect, fail, hope, learn, need, refuse, seem, wait, want
  • Yang diikuti oleh keduanya, tanpa perubahan makna: begin, continue, hate, like, love, prefer, start
  • Diikuti oleh keduanya, dengan perubahan makna: forget, regret, remember, stop, try

Baca juga: Contoh Kalimat Simple Past Future Tense

Contohnya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • I forgot to give this letter to him. / Aku lupa memberikan surat ini padanya.
  • My sister said she wanted to buy me a gift. / Kakakku bilang ia ingin membelikanku hadiah.
  • I waited for an hour but they didn’t come, so I decided to go by myself. / Aku menunggu selama satu jam tapi mereka tidak juga datang, jadi aku memutuskan untuk pergi sendiri.
  • I will try to finish these assignments before Sunday. / Aku akan mencoba untuk menyelesaikan tugas-tugas ini sebelum hari Minggu.
  • Diana loves to draw flowers. / Diana suka menggambar bunga.
  • I like taking photos in a place where there are lots of flowers. / Aku suka berfoto di tempat yang ada banyak bunganya.
  • I prefer sleeping without blanket. / Aku lebih suka tidur tanpa selimut.
  • My brother stopped watching TV when my father arrived home. / Kakakku berhenti menonton TV ketika ayahku sampai di rumah.
  • My cat starts meowing from hunger. / Kucingku mulai mengeong karena lapar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com