Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Protista Mirip Hewan

Kompas.com - 26/11/2020, 17:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menyerupai jamur dan tumbuhan, protista juga ada yang menyerupai hewan. Simak contoh soal UAS dan pembahasan tentang protista mirip hewan atau protozoa:

1. Seorang siswa mengamati spesies air yang diambilnya dari dasar kolam untuk digunakan saat praktikum. Siswa tersebut mengamati bahwa spesies yang ditemukannya adalah mikroorganisme Protista mirip dengan hewan karena…

a. Prokariotik
b. Berpigmen
c. Berklorofil
d. Multiseluler
e. Memiliki alat gerak

Jawaban: E. Memiliki alat gerak

Protista dikatakan mirip hewan karena dapat bergerak dengan bebas sebagaimana hewan bergerak. Protista mirip hewan memiliki alat gerak yang berbeda-beda setiap spesiesnya, namun dikelompokkan menjadi empat yaitu flagellate, ciliata, rizhopoda, dan sporozoa.

Ingatlah bahwa Protista akan selalu bersifat eukariotik dan bukan prokariot atau prokariotik. Protozoa atau Protista mirip hewan juga ada yang uniseluler ataupun multiseluler.

Baca juga: Ciri-ciri Protista

2. Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan kedalam protozoa jenis…

a. Ciliata
b. Flagelata
c. Sporozoa
d. Rhizopoda

Jawaban: D. Rhizopoda

Pseudopodia adalah alat gerak organisme rhizopodayaitu kaki semu yang terbuat dari perpanjangan sitoplasma sel. Pseudopodia memungkinkan organisme tersebut untuk bergerak bebas, berpindah tempat dan juga mencari makan dari lingkungan sekitarnya.

3. Amoeba, Paramecium dan Plasmodium merupakan kelompok Protista…

Jawaban: Protozoa atau menyerupai hewan.

Amoeba termasuk kedalam protozoa atau Protista mirip hewan karena memiliki alat gerak berupa rhizopoda. Rhizopoda amoeba adalah kaki semu yang membuat amoeba dapat bergerak bebas.

Paramecium termasuk kedalam Protista mirip hewan karena dapat bergerak dengan bebas karena memiliki alat gerak cilia. Cilia adalah rambut great yang tersebar hampir diseluruh permukaan tubuh paramecium.

Sedangkan plasmodium tidak memiliki alat gerak namun tetap digolongkan kedalam protozoa karna dapat berpindah tempat. Plasmodium berpindah dari satu inang ke inang lainnya dan menyebabkan penyakit malaria dari nyamuk ke Manusia.

Baca juga: Protista yang Menyerupai Jamur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com