Kompas.com - 11/10/2020, 00:46 WIB
Salah satu protista mirip jamur adalah jamur lendir. Salah satu protista mirip jamur adalah jamur lendir.

KOMPAS.com - Selain seperti hewan dan tumbuhan, ada juga protista yang memiliki bentuk seperti jamur.

Kamu pasti sering melihat dan mungkin memakan jamur. Cobalah membelah jamur menjadi dua. Di dalmnya akan terlihat jamur tersusun atas serat serat panjang yang disebut dengan hifa.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Protista mirip jamur berbentuk spora dari mulai satu kepala hingga banyak kepala spora.

Protista seperti jamur juga memiliki kemampuan untuk bergerak seperti protozoa pada umumnya.

Baca juga: Jamur: Fungsi dan Klasifikasinya

Protista mirip jamur diklasifikasikan menjadi tiga yaitu myxomycota, acrasiomycota, dan oomycota. Berikut penjelasan lengkapnya:

Myxomycota

Myxomycota adalah jamur lendir sejati. Struktur tubuh myxomycota tersusun atas plasmodium berlapis lendir yang disekresikan secara terus-menerus.

Lendir ini memungkinkan myxomycota untuk bergerak bebas secara merayap di lingkungannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X