Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Henry Myers: Penemu Gaya Renang Kupu-Kupu

Kompas.com - 13/10/2020, 16:01 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berenang menggunakan gaya kupu-kupu memiliki tantangan tersendiri karena membutuhkan ketahanan serta keterampilan yang baik.

Penggunaan gaya kupu-kupu mengharuskan pemainnya untuk bisa menyelaraskan kemampuan tangan dan kaki. Siapakah pertama kali penemu gaya renang kupu-kupu?

Dikutip dari situs resmi Swim England, Henry Myers merupakan orang pertama yang menggunakan gaya kupu-kupu. Saat itu, Henry Myers memadukan gaya dada dengan gerakan dan putaran lengan secara terus menerus.

Henry Myers menggunakan gaya ini pada 1933 di sebuah perlombaan yang diselenggarakan di Brooklyn.

Baca juga: Sejarah Lari menjadi Olahraga Atletik

Saat itu hanya terdapat satu gaya renang, yakni gaya dada. Maka tidak mengherankan jika penonton perlombaan saat itu dibuat terkejut dengan aksi Henry Myers.

Myers, penemu gaya renang kupu-kupuswimnews.com Myers, penemu gaya renang kupu-kupu
Perkembangan gaya renang kupu-kupu

Dalam buku Mengenal Olahraga Renang (2012) karya Aisya Husein, seorang pelatih renang bernama David Armbuster mengembangkan gaya kupu-kupu, khususnya pada bagian tendangan yang menyerupai ekor lumba-lumba.

Namun, ternyata tendangan lumba-lumba dalam gaya renang kupu-kupu ini bertetangan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh FINA atau Federation Internationale de Natation (Interational Swimming Federation).

Saat itu, putaran lengan dalam gaya kupu-kupu juga digunakan dalam perlombaan gaya dada. Akhirnya pada 1952, gaya renang kupu-kupu ditetapkan sebagai salah satu gaya renang.

Baca juga: Renang: Sejarah dan Gayanya

Masuk kompetisi

Gaya renang kupu-kupu mulai dipertandingkan dalam olimpiade 1956. Kategorinya 200 meter untuk perenang pria dan 100 meter untuk perenang putri.

Kategori tersebut terus diadakan dalam olimpiade atau perlombaan berikutnya. Pada 1968, kategori tersebut berkembang dan dimasukkan dalam kategori perlombaan renang di Mexico City Games.

James Hickman adalah peraih medali emas selama lima kali berturut-turut dalam olimpiade. James Hickman memegang rekor dunia untuk kategori short course 200 meter selama empat tahun, yakni sejak Maret 1998 hingga Januari 2001.

Tidak hanya itu, James Hickman juga memegang rekor dunia untuk kategori short course 100 meter, pada Desember 1998 serta September 1999.

Baca juga: Peraturan Perlombaan Renang Berdasarkan Jenis Gaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com