Kompas.com - 12/01/2024, 14:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Ilmuwan memperkirakan 80 juta hiu mati setiap tahunnya meski ada peraturan global yang bertujuan melindungi mereka dari perburuan sirip.

Hasil tersebut diperoleh setelah peneliti melakukan studi data dari tahun 2012 hingga 2019, ketika undang-undang untuk melindungi hiu dari perburuan sirip meningkat sepuluh kali lipat.

Dari analisis data, peneliti menemukan bahwa kematian hiu tahunan meningkat dari 76 juta pada tahun 2012 menjadi lebih dari 80 juta pada tahun 2017. Sebanyak 25 juta atau lebih dari 30 persen merupakan spesies yang terancam.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Cara Hiu Karang Abu-abu Bernapas

Peningkatan kematian hiu

Mengutip Live Science, Jumat (12/1/2024) dalam studinya, peneliti meninjau data perikanan dari 150 negara dan di laut lepas, serta menggunakan pemodelan komputer serta wawancara dengan para ahli untuk memeriksa perkiraan mereka.

Para ahli yang dimaksud termasuk ilmuwan, aktivis lingkungan hidup, dan pekerja perikanan.

"Kami berusaha seproaktif mungkin dalam mendapatkan data dengan kualitas terbaik," kata Boris Worm, ahli ekologi kelautan di Universitas Dalhousie, Kanada yang juga penulis utama studi.

Hiu seringkali menjadi sasaran untuk diambil siripnya atau dibunuh secara tidak sengaja sebagai tangkapan sampingan.

Studi ini mengungkapkan bahwa meski ada undang-undang untuk mencegah penangkapan sirip hiu, namun itu tidak mengurangi jumlah hiu yang dibunuh bahkan malah meningkat.

"Ini merupakan kekhawatiran besar karena satu dari tiga spesies terancam punah," kata Worm.