Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Ungkap Efek Memakai Masker Mata Saat Tidur

Kompas.com - 11/12/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidur dalam kondisi gelap dianggap lebih baik untuk kesehatan. Namun, beberapa dari kita mungkin membutuhkan masker mata untuk memberikan kegelapan total saat tidur.

Terkait hal ini, peneliti Viviana Greco dari Cardiff University Brain Research Imaging Centre dan rekan-rekannya ingin mengetahui seberapa besar perbedaan yang bisa dihasilkan oleh pemakaian masker mata saat tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan, masker mata dapat membantu pasien tidur lebih nyenyak di rumah sakit, namun efeknya terhadap tidur di dalam rumah masih kurang dipahami. Jadi, Greco dan rekannya melakukan dua penelitian.

Pada tahap pertama, 89 peserta studi berusia 18-35 tahun menghabiskan 5 malam tidur di rumah dengan masker mata dan 5 malam tidur di rumah tanpa masker mata. Setelah kedua pertarungan, mereka menjalani pengujian selama dua hari.

Baca juga: Kurang Tidur Picu Risiko Diabetes pada Wanita, Kok Bisa?

Peserta yang tidur dengan masker mata, mereka melaporkan tidur yang lebih baik secara keseluruhan. Mereka juga melaporkan tingkat perhatian dan kewaspadaan yang lebih baik setelah tidur dengan masker mata. Bahkan, mereka memiliki kinerja pembelajaran yang lebih baik.

Eksperimen kedua melibatkan 33 peserta, yang juga berusia 18-35 tahun. Kali ini, mereka mengenakan penutup mata selama dua malam dan penutup mata yang dipotong sehingga tidak ada kain yang menutupi mata.

Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol apakah ikat kepala itu sendiri dan bukan pemblokiran cahaya yang memiliki efek. Dalam pengujian ini, peserta mengenakan ikat kepala EEG saat tidur.

Hasilnya, peserta tetap tidur lebih nyenyak ketika kain tersebut secara khusus menutupi mata mereka.

Meski demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan yang signifikan. Dengan 89 partisipan pada studi pertama dan 33 partisipan pada studi kedua, ukuran sampelnya relatif kecil. Hal ini membatasi generalisasi hasil.

Baca juga: Minum Susu Hangat Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Selain itu, periode penelitiannya cukup singkat, dan efeknya mungkin berkurang (atau tidak) dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mengingat penelitian ini dilakukan di Inggris, faktor budaya atau regional pun dapat memengaruhi kemampuan generalisasi pada populasi lain.

Namun demikian, temuan ini menunjukkan bahwa memakai masker mata saat tidur semalaman dapat meningkatkan pengkodean episodik dan kewaspadaan keesokan harinya, yang memiliki implikasi penting dalam kehidupan sehari-hari.

Peneliti mengatakan, secara keseluruhan, temuan kami menunjukkan bahwa manipulasi sederhana, dalam hal ini adalah penggunaan masker mata saat tidur, dapat menghasilkan kinerja memori yang lebih baik dan kewaspadaan yang lebih tinggi pada hari berikutnya.

Jadi, meski penelitian ini memiliki keterbatasan, dan diperlukan penelitian yang lebih luas untuk mengonfirmasi hasil ini, temuan awalnya cukup menjanjikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com