Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Rendah Karbohidrat yang Tinggi Serat

Kompas.com - 29/10/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Makanan rendah karbohidrat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan ini sangat efektif dalam mengurangi rasa lapar dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, makanan rendah karbohidrat juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, kadar kolesterol jahat, serta peningkatan kolesterol baik.

Namun, beberapa makanan rendah karbohidrat mungkin mengandung serat yang juga rendah. Padahal, nutrisi ini penting untuk kesehatan pencernaan, jantung, dan usus.

Baca juga: 4 Makanan yang Berpengaruh Terhadap Gejala Menopause

Makanan rendah karbohidrat dan tinggi serat

Agar kebutuhan nutrisi tetap tercukupi dengan baik, berikut adalah beberapa makanan yang rendah karbohidrat namun tetap tinggi serat.

1. Alpukat

Selain kaya akan lemak tak jenuh tunggal, alpukat merupakan sumber serat, folat, potasium, serta vitamin K dan C yang baik.

2. Kacang almond

Cocok untuk camilan, almond merupakan kacang yang bergizi tinggi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, serta vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin E, mangan, dan magnesium.

Karena almond juga merupakan sumber serat dan protein yang baik, almond dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mencerna Makanan?

3. Daging kelapa

Daging kelapa kaya akan lemak dan serat sehat, serta karbohidrat dan protein dalam jumlah sedang.

Daging kelapa juga kaya akan beberapa mineral penting, terutama tembaga dan mangan. Tembaga membantu pembentukan tulang dan kesehatan jantung, sedangkan mangan penting untuk metabolisme lemak dan fungsi enzim.

4. Kembang kol

Kembang kol adalah makanan populer untuk diet rendah karbohidrat karena dapat diolah sebagai pengganti biji-bijian atau bahkan dibuat menjadi kulit pizza rendah karbohidrat.

Kembang kol adalah sayuran silangan yang rendah kalori dan karbohidrat, namun tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Sayuran ini juga merupakan sumber kolin yang baik, yang penting untuk kesehatan otak dan hati, serta metabolisme dan sintesis DNA.

Baca juga: 7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Kesehatan

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan yang juga kaya akan beberapa nutrisi penting. Selain rendah kalori, ia juga tinggi serat dan beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk folat, potasium, serta vitamin C dan K.

Brokoli menawarkan lebih banyak protein daripada sayuran lainnya. Meskipun dapat dinikmati baik dimasak atau mentah, penelitian menunjukkan bahwa mengukusnya memberikan manfaat kesehatan terbesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com