Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ikan Mentah pada Sushi Aman untuk Dimakan?

Kompas.com - 16/10/2023, 09:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sushi adalah hidangan khas Jepang, yan terdiri dari irisan daging ikan mentah, telah menjadi salah satu makanan yang sangat populer di seluruh dunia.

 

Ikan laut mentah yang segar adalah bahan utama yang digunakan pada sajian ini. Kombinasi rasa yang unik, estetika yang indah, dan pengalaman makan yang interaktif telah membuat sushi menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang.

Akan tetapi, ada pertanyaan yang sering muncul dalam benak penggemar kuliner, terutama yang baru mengenal sushi.

Apakah sushi yang menggunakan ikan mentah benar-benar aman untuk dimakan?

Baca juga: Apakah Ikan Juga Minum Saat Merasa Haus?

Sebenarnya, sushi memiliki beberapa manfaat kesehatan yang signifikan. Salah satu alasannya karena bahan utama sushi, yaitu ikan laut segar dan mentah, kaya akan protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Ini adalah komponen nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung, fungsi otak, dan banyak aspek lainnya dalam tubuh kita.

Namun, seperti halnya semua makanan mentah, ikan mentah dapat mengandung bakteri dan patogen lain yang berpotensi menyebabkan keracunan makanan.

Ikan mentah rawan terkontaminasi mikroba

Dilansir dari ILF Science, Rabu (4/10/2023), para peneliti di Norwegia menyelidiki keberadaan bakteri dalam ikan mentah dan menemukan 22 strain Aeromonas yang berpotensi berbahaya.

Hasil penelitian menunjukkan, mengolah ikan dengan sedikit pemrosesan tidak selalu cukup untuk mencegah pertumbuhan bakteri Aeromonas.

Beberapa strain bakteri pada ikan mentah ini juga mengandung gen yang memungkinkan mereka untuk menjadi patogen dan menyerang sel inang manusia, serta dapat menyebabkan infeksi gastrointestinal dan ekstraintestinal.

Baca juga: Apakah Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com