Virus Baru Ditemukan di Tempat Terdalam di Dunia

Kompas.com - 24/09/2023, 13:36 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Para ilmuwan dalam studi barunya mengungkapkan telah menemukan virus di kedalaman Palung Mariana.

Virus ini diyakini sebagai virus yang ditemukan di tempat paling dalam di dunia.

Baca juga: Virus Baru Ditemukan di Lumba-lumba dan Paus, Ancam Mamalia Laut Dunia

Palung Mariana sendiri berada di Pasifik dan merupakan palung samudra terdalam di Bumi dengan kedalaman mencapai 10.973 meter.

Di wilayah tersebut ilmuwan telah menemukan ikan, udang dan berbagai macam mikroba. Dan di mana ada kehidupan, biasanya ada virus yang ingin mengambil keuntungan darinya.

Namun hanya sedikit yang kita ketahui tentang virus yang ada di laut dalam.

Virus di Palung Mariana

Mengutip Gizmodo, Jumat (22/9/2023) Virus baru ini ditemukan oleh peneliti dari China dan Australia dan diberi nama vB_HmeY_H4907.

Para ilmuwan mengisolasinya dari sedimen yang dibawa dari kedalaman 8.900 meter.

"Sepengetahuan kami, ini adalah virus terdalam yang diketahui di lautan global," kata penulis studi Min Wang, ahli virologi di Ocean University of China.

Berdasarkan analisis genetik mereka, virus tersebut merupakan bagian dari keluarga virus yang sebelumnya tidak teridentifikasi dan tersebar luas di lautan, yang oleh tim peneliti disebut Suviridae.

Virus vB_HmeY_H4907 juga merupakan bakteriofag, virus yang menggunakan bakteri untuk menggandakan dirinya.