Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 08:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mentega adalah salah satu bahan pangan yang lumrah digunakan dalam memasak, seperti sebagai bahan olesan roti, menumis atau menggoreng.

Mentega dibuat dari susu hewan melalui serangkaian proses pengadukan. Dalam proses ini, lemak susu dipisahkan dan dipadatkan.

Meski pun tidak terdiri atas 100 persen lemak, namun mentega memiliki rata-rata lemak yang cukup tinggi.

Dikutip dari buku Food: The Chemistry of its Components (2001), Tom Coultate menjelaskan bahwa kadar lemak dalam mentega mencapai 81,7 persen.

Baca juga: Bagaimana Cara Ngengat Jantan Menarik Perhatian Betina?

Cara pembuatan mentega

Ada beberapa tahapan proses dalam pembuatan mentega, dikutip dari laman resmi Office for Science and Society McGill University, Jumat (22/9/2017).

  • Penyiapan susu dan pemisahan krim susu

Susu adalah komponen utama dalam pembuatan mentega. Susu hewan mengandung berbagai jenis zat gizi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Zat-zat gizi ini sebagian ada yang larut dalam air, dan sebagian lainnya tidak bisa bertahan larut.

Susu disiapkan, lalu dibiarkan dalam wadah dengan rentang waktu tertentu hingga terbentuk lapisan berwarna putih lebih pekat dan berbuih yang terpisah di permukaan susu. Lapisan ini bernama krim susu.

Cara lain untuk mempercepat proses pemisahan krim susu ini adalah melakukan sentrifugasi susu. Sentrifugasi adalah proses pemutaran susu dengan kecepatan putaran yang sangat kencang sehingga partikel zat penyusun krim susu bisa terpisah lebih cepat.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengurangi Garam untuk Kesehatan Jantung?

  • Penyaringan dan pemadatan lemak pada krim susu

Tahap pembuatan mentega selanjutnya adalah menyaring krim dan memanaskannya. Krim yang sudah dipanaskan kemudian didinginkan untuk memisahkan dan memadatkan lemak yang ada.

Lemak dalam krim susu akan terkumpul sehingga diperoleh krim susu yang lebih kental.

  • Pengadukan krim susu padat

Krim susu padat ini kemudian harus diaduk secara terus menerus dalam waktu yang cukup, sehingga diperoleh padatan mentega.

Pengadukan krim susu bisa dilakukan manual ataupun menggunakan mesin.

Pengadukan ini bertujuan untuk memecah lapisan pemisah di sekitar molekul lemak sehingga lemak bisa semakin terkumpul dan membentuk padatan mentega.

Tanda mentega sudah mulai terpisah adalah diperoleh padatan yang lembut berwarna kekuningan dan ada cairan encer yang terpisah dari padatan tersebut.

 Baca juga: Bagaimana Cara Penggunaan Obat Fomepizole?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com