Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Kafein Menghilangkan Rasa Kantuk?

Kompas.com - 26/12/2022, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Biasanya, cara untuk bisa menghilangkan rasa kantuk di siang hari, orang akan mengonsumsi kafein, yang umumnya banyak terdapat pada minuman kopi.

Minum kopi dianggap cara mudah untuk menghilangkan rasa kantuk yang mengganggu di saat waktu kerja atau saat Anda melakukan aktivitas di siang hari.

Kafein biasanya diproduksi tanaman untuk mencegah hewan herbivora memakan daun atau bijinya. Namun, bagi manusia, senyawa ini sangat dihargai karena rasa dan efeknya sebagai stimulan.

Dilansir dari Science Alert, Senin (26/12/2022), fakta kafein adalah zat psikoaktif yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Baca juga: Bagaimana Cara Penggunaan Obat Fomepizole?

Sedikitnya empat dari lima orang dewasa mengonsumsi senyawa kafein dalam bentuk minuman panas maupun dingin, seperti kopi, teh, atau soda, yang sering digunakan untuk mencegah rasa kantuk.

Lantas, bagaimana cara kafein menghilangkan rasa kantuk?

Secara sederhana, rangsangan yang dapat mencegah rasa kantuk terjadi berkat kemiripan kafein dengan bahan kimia yang kita produksi, yang bertujuan memperlambat kerja saraf.

 

Dengan mengganggu efek pelambatan bahan kimia itu di dalam otak, maka neuron atau sel saraf kita akan tetap aktif di tempat yang seharusnya tidak mereda.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun?

Hal ini kemudian akan memicu reaksi berantai yang dapat mendorong respons 'melawan' di seluruh tubuh.

Manfaat kafein tidak hanya membuat kita terjaga dan tidak mengantuk saat melakukan aktivitas.

Kafein juga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Dengan membiarkan saraf tertentu di dalam otak terus bekerja dengan kecepatan yang relatif cepat, kita pada dasarnya sedang memberi tahu bagian tubuh lain yakni kelenjar pituari, bahwa sesuatu yang menarik sedang terjadi.

 

Ini adalah respons dengan yang dilakukan tubuh dengan melepaskan epinefrin, yaitu hormon yang menghasilkan respons yang mungkin diperlukan pada saat kita sedang stres.

Kerja hormon ini ditandai dengan jantung berdetak sedikit lebih cepat, pupil mata membesar, darah dialihkan ke otot, dan simpanan karbohidrat, berupa energi, dilepaskan dari hati.

Inilah cara kafein membuat kita tidak mengantuk dan tubuh menjadi lebih berenergi.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Luka Diabetes Agar Tak Membusuk? Ini Saran Dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com