Mengapa Kotoran Telinga Penting untuk Manusia?

Kompas.com - 18/08/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah secara tidak sengaja menemukan kotoran ketika menyeka earphone atau penyumbat telinga.

Akan tetapi, mengapa manusia memiliki kotoran telinga dan apakah ada manfaatnya untuk kita?

Kotoran telinga

Dikutip dari Live Science, Jumat (18/8/2023) kotoran telinga terdiri dari sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sekresi dari kelenjar minyak dan keringat di telinga.

Sel-sel kulit di saluran telinga luar berasal dari tengah gendang telinga dan kemudian bermigrasi ke arah pintu masuk telinga, di mana sel-sel kemudian bertemu dengan campuran minyak disebut sebum untuk melembabkan kulit.

Sebum kemudian bercampur dengan sekresi dari kelenjar keringat dan melepaskan sel kulit untuk membuat kotoran telinga.

"Kotoran telinga berfungsi untuk melumasi kulit di saluran telinga, menjebak kotoran dan debu dengan cara yang sama seperti lendir di hidung Anda," kata Kevin Munro, profesor audiologi di University of Manchester di Inggris.

Baca juga: Mengapa Manusia Purba Punya Gigi yang Rapi?

Kelenjar sebaceous dan keringat juga mengeluarkan protein antimikroba ke dalam campuran, melindungi telinga dari infeksi bakteri dan jamur.

"Liang telinga seperti terowongan atau gua. Itu bisa menjadi hangat dan lembab, dan itu adalah lingkungan yang bagus untuk pertumbuhan bakteri," kata Munro.

Analisis di laboratorium menunjukkan kotoran telinga dapat menghambat patogen telinga yang umum seperti jamur Candida albicans dan bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus.

Hal tersebut mungkin terjadi karena sifat kotoran telinga yang sedikit asam (pH berkisar antara 5,2 hingga 7,0), serta protein kekebalan yang dikandungnya, termasuk antibodi yang menempel pada lisozim, enzim yang memecah dinding sel beberapa bakteri.

Pentingnya kotoran telinga

Pentingnya manfaat kotoran telinga, orang harus menghindari membuat zat lengket tersebut jika tidak menimbulkan masalah.