Kerangka Panda Raksasa Ditemukan di Makam Kerajaan Kuno China

Kompas.com - 08/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sisa-sisa kerangka panda raksasa telah digali dari sebuah makam kerajaan di China yang berusia sekitar 2000 tahun dari dinasti Han Barat.

Temuan kerangka panda raksasa ini menunjukkan bagaimana hewan tersebut dihormati dalam budaya China kuno.

Sebagai informasi dalam sejarah China, panda raksasa dianggap sebagai makhluk hutan yang dihormati, sehingga dihargai oleh para penguasa. Tidak heran panda raksasa sering digunakan sebagai persembahan berharga untuk bangsawan dan pejabat.

Hewan ini juga mendapatkan gelar hewan keadilan karena sifanya yang non agresif serta makanan herbivora.

Selain itu, temuan kerangka spesies panda ini juga memberikan wawasan mengenai kondisi lingkungan di masa lalu.

Penemuan kerangka panda raksasa

Dikutip dari Ancient Origins, Senin (7/8/2023) arkeolog pada akhir 2021 secacara kebetulan menemukan kerangka hewan utuh selama penelitian mereka di situs pemakaman besar Kaisar Wen dari Hen di provinsi Shaanxi.