Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Virus Oz dari Gigitan Kutu yang Sebabkan Kematian di Jepang

Kompas.com - 27/06/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Infeksi virus Oz dilaporkan menyebabkan seorang wanita berusia 70-an tahun asal Perfektur Ibaraki, Jepang, meninggal dunia. Ia mengalami infeksi virus tersebut dari gigitan kutu.

Dikutip dari Japan Times, Selasa (27/6/2023), menurut laporan kementerian kesehatan Jepang, wanita tersebut meninggal karena miokarditis tahun lalu setelah terinfeksi virus Oz.

Kendati ada kemungkinan laporan bahwa infeksi virus tersebut ditularkan melalui gigitan kutu pada satwa liar dan manusia, namun kasus kematian akibat infeksi virus Oz ini adalah kasus fatal pertama di dunia.

Lantas, apa itu virus Oz?

Menurut National Institute of Infectious Diseases (NIID), virus Oz pertama kali terdeteksi pada tahun 2018 di Prefektur Ehime, yang ditemukan pada kutu keras, Amblyomma testudinarium.

Antibodi virus Oz telah ditemukan pada beberapa hewan liar, di antaranya seperti kera Jepang, babi hutan, dan rusa di prefektur Chiba, Gifu, Mie, Wakayama, Yamaguchi, dan Oita.

Baca juga: Mengenal Virus Rabies, Penyebab Penyakit Anjing Gila

Studi yang dipublikasikan di jurnal Emerging Infectious Diseases, dikutip dari PubMed Central, virus Oz adalah virus Thogotovirus baru yang diisolasi dari kutu yang menyebabkan infeksi mematikan pada tikus.

Dalam studi ini, para peneliti melakukan serosurveilans infeksi virus Oz pada manusia dan hewan liar di Jepang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes netralisasi virus.

Hasilnya menunjukkan bahwa virus Oz mungkin secara alami menginfeksi manusia dan inang hewan mamalia lainnya.

Virus Oz adalah anggota baru dari genus Thogotovirus, yang pertama kali diisolasi dari tiga nimfa kutu Amblyomma testudinarium yang dikumpulkan di prefektur Ehime, Jepang.

Genus Thogotovirus termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae, virus-virus dalam kelompok ini paling sering ditularkan dari berbagai spesies kutu keras dan jenis kutu lain yang lebih halus.

Kutu pembawa virus Oz

Kasus fatal infeksi virus Oz akibat gigitan kutu keras telah dilaporkan menyebabkan seorang wanita meninggal dunia di Jepang.

Baca juga: Mengenal Virus Zombi Kuno yang Dibangkitkan dari Permafrost (Bagian 1)

 

 

Ketika dirawat di rumah sakit, ditemukan kutu keras yang menghisap darah di pangkal paha kanannya.

Pasien dengan infeksi virus Oz dari gigitan kutu tersebut akhirnya meninggal dunia karena miokarditis, radang jantung, selama sekitar sebulan kemudian.

Kutu yang ditemukan menggigit pasien tersebut memiliki ciri fisik sisik keras dan berukuran sekitar 3-4 Mm.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com