Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-Fakta Tikus Mol Telanjang, Hewan Pengerat yang Hidup Paling Lama

Kompas.com - 24/02/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tikus mol telanjang adalah hewan pengerat asli Afrika yang memiliki penampilan aneh, yaitu tidak memiliki bulu di sekujur tubuhnya, sehingga memperlihatkan kerut-kerut kulitnya yang berwarna merah muda pucat.

Bukan hanya itu saja keunikan yang dipunyai hewan pengerat bernama latin Heterocephalus glaber tersebut. Masih ada sederet fakta lain yang cukup mengejutkan dari tikus mol telanjang.

 

Fakta-fakta unik tikus mol telanjang

Mari kita lihat satu persatu fakta-fakta tikus mol telanjang seperti dikutip dari A-Z Animals, Kamis (23/2/2023).

Dari semua hewan pengerat, fakta menarik tikus mol telanjang adalah umur panjangnya. Tikus ini telah berevolusi untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras.

Sebagai catatan sebagai hewan pengerat penggali mereka hidup di bawah tanah. Akibatnya, tikus ini memiliki kemampuan untuk hidup lebih lama dibanding dengan hewan pengerat lainnya.

Baca juga: Fakta-fakta King Cobra, Ular Berbisa Terbesar di Dunia

Tikus mol telanjang adalah hewan pengerat paling panjang umur yang dapat hidup hingga 32-37 tahun. Bandingkan saja dengan tikus-tikus lain yang rata-rata hanya hidup selama 2 tahun. Para ahli masih dibuat bingung mengapa tikus mol telanjang mampu berumur panjang.

  • Tikus mol hidup dalam struktur sosial

Tikus mol telanjang adalah salah satu dari dua spesies mamalia eusosial. Artinya tikus mol telanjang hidup dalam hierarki sosial dengan peran dan sistem tertentu.

Kelompok tikus mol telanjang biasanya berisi 75 hingga 80 tikus. Mereka semua berbagi jaringan liang bahwa tanah yang kompleks. Mereka akan hidup dalam kelompok yang terdiri dari pekerja, jantan, dan ratu sama halnya dengan tawon, rayap, semut, dan lebah.

  • Gigi dapat bergerak secara mandiri

Fakta menarik tikus mol yang unik adalah giginya yang bisa bergerak secara mandiri. Tikus mol telanjang dapat menyesuaikan dua gigi seri depan bawahnya secara mandiri dan sengaja.

Gigi mereka digunakan untuk berbagai hal termasuk menggali, makan, berkelahi, merawat, dan menggerakkan anak.

Baca juga: Fakta-fakta Singa, Si Raja Hutan yang Termasuk Hewan Terkuat di Bumi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com