Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2023, 10:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kucing bisa menjadi teman yang menggemaskan dan menyenangkan bagi pemiliknya.

Hewan berbulu ini terkadang tidur di dekat kepala kita, menjilati jari kita saat mereka lapar, atau membawa pulang hadiah berupa hewan buruannya. 

Namun, ada saja tingkah kucing yang mengasah kesabaran kita, salah satunya adalah kebiasaan merusak dan menjatuhkan barang. 

Ini bisa menjadi perilaku yang lucu, tetapi jika yang dirusaknya adalah benda yang berharga bagi kita, rasanya kesabaran kita benar-benar diuji.

Baca juga: Kenapa Kucing Bisa Cegukan?

Kenapa kucing senang menghancurkan benda?

Dilansir dari PetMD, menurut Amy Shojai, konsultan perilaku hewan bersertifikat, mungkin ada beberapa alasan mengapa kucing menjatuhkan dan menghancurkan benda.

Alasan pertama, kucing memiliki naluri untuk berburu makanannya, jadi menjatuhkan barang mungkin merupakan manifestasi dari naluri tersebut. 

Shojai menjelaskan, kucing menggunakan cakarnya untuk mengetahui suatu objek, gerakan, dan suara. Sentuhan atau rasa dari objek tersebut yang akan membantu mereka memahami apa yang aman dan tidak.

Bantalan kaki kucing sangat sensitif, jadi saat mereka menepuk, memukul, dan menjatuhkan benda, hal ini membantu mereka mengenali objek di sekitarnya dengan lebih baik. 

Bagaimana kita bereaksi saat melihat anak-anak bulu kita menjatuhkan barang dapat memengaruhi apakah perilaku tersebut berlanjut atau tidak.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Solusinya

Saat kucing menjatuhkan gelas dari meja, tentu kita akan langsung bereaksi. Jadi, jika kucing menginginkan perhatian kita, mereka belajar dengan sangat cepat apa yang menarik perhatian kita.

Shojai mengatakan bahwa karena perhatian yang buruk pun lebih baik daripada diabaikan, menjatuhkan benda menjadi cara lain bagi kucing untuk mendapatkan perhatian dari pemiliknya. 

Jadi, jika kucing kita memiliki kebiasaan menjatuhkan barang untuk mendapatkan perhatian, hal terbaik yang bisa kita dilakukan adalah mengabaikan perilaku tersebut agar dia tidak mengulanginya.

Dikutip dari How Stuff Works, cara lain untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberi kucing hal lain untuk dilakukan. 

Jika kucing memiliki hal lain untuk dimainkan dan cara lain untuk mewujudkan fantasinya menjadi predator yang berburu mangsa, kemungkinan kecil mereka akan merusak benda-benda di rumah.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Memainkan Mangsanya Sampai Mati? Sains Jelaskan

Alasan lainnya adalah kucing senjang menjatuhkan barang mungkin hanya karena itu menyenangkan. 

Benda yang dipukul kemudian bergerak memenuhi semua aspek terbaik dari perburuan dan pengejaran mangsa, jelas Shojai. 

Menjatuhkan benda mungkin merupakan cara bagi kucing untuk mengekspresikan naluri berburunya, menjelajahi lingkungan, dan mendapatkan perhatian pemiliknya, tetapi ahli perilaku kucing sepakat bahwa mungkin ada alasan lain yang belum ditemukan di balik perilaku kucing ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com