Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2023, 20:07 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ini berkat adanya kandungan vitamin dan mineral yang beragam.

Salah satu manfaat air kelapa adalah mampu menghidrasi dan melembapkan kulit yang kering. Menurut dr. Marie Hayag, dokter kulit bersertifikat dan pendiri 5th Avenue Aesthetics di New York City, manfaat ini diperoleh dari kandungan gula dan asam amino yang melimpah dalam air kelapa. 

Selain itu, air kelapa juga dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat. Benarkah demikian?

Manfaat air kelapa untuk jerawat

Dilansir dari Healthline, sebuah studi pendahuluan tahun 2017 menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan jerawat.

Baca juga: Benarkah Jus Bawang Bombai Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

Meski demikian, dr. Hayag mengatakan, belum ada bukti signifikan yang menunjukkan bahwa penggunaan air kelapa secara topikal dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat, jaringan parut jerawat, pigmentasi kulit, atau bercak hitam.

Meski air kelapa saja tidak akan menyembuhkan jerawat, air kelapa dapat digunakan dalam rutinitas perawatan kulit bersama bahan lain untuk membantu mempercepat prosesnya.

Menurut Diane Madfes, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, New York City, air kelapa tidak akan membantu menghilangkan bekas luka jerawat, tapi air kelapa juga pilihan yang baik untuk mempercepat penyembuhan.

Mengenai penggunaan air kelapa secara topikal, masih sangat sedikit penelitian tentang hal tersebut. Jadi, mungkin air kelapa lebih bermanfaat jika diminum, daripada mengoleskannya secara langsung ke kulit.

Baca juga: Benarkah Makanan Pedas Bikin Asam Lambung Naik?

Berkat banyaknya elektrolit dan antioksidan yang terkandung dalam air kelapa, mengonsumsinya bisa bermanfaat bagi kulit.

Perlu diingat bahwa memiliki keseimbangan elektrolit dalam tubuh membuat tubuh terhidrasi dan sangat penting untuk banyak fungsi tubuh. 

Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan garis-garis halus. Jadi, tetap terhidrasi sangat penting untuk menghindari efek buruk ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com