Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Teh Hitam Bisa Menyuburkan Rambut?

Kompas.com - 04/02/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Rambut yang rontok bisa menjadi masalah, terutama jika tidak diatasi. Selain menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo, conditioner, hair tonic, dan sebagainya, tak ada salahnya juga mencoba bahan alami.

Salah satu bahan alami yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut adalah black tea atau teh hitam.

Teh hitam adalah minuman yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang teroksidasi. Banyak orang yang menggunakan teh hitam untuk membilas rambut guna mengatasi kerontokan. 

Teh hitam untuk menumbuhkan rambut 

Membilas rambut dengan teh hitam dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi dalam teh hitam, yang diyakini mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut.

Baca juga: Benarkah Manusia Lebih Ceria Saat Hari Cerah?

Dilansir dari Healthline, kafein disebut dapat mencapai folikel rambut untuk memblokir dihydrotestosterone (DHT), yakni hormon yang terkait dengan kerontokan rambut pada orang dengan androgenic alopecia.

Tingkat DHT yang tinggi telah terbukti mengecilkan folikel rambut dan memperpendek siklus pertumbuhan rambut sehingga menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok.

Sebuah studi tabung reaksi pada sampel kulit manusia menunjukkan bahwa aplikasi topikal kafein dan testosteron dapat mendukung pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi keratin dan memperpanjang fase pertumbuhan rambut anagen.

Studi tabung reaksi lainnya mengamati hasil yang serupa dengan menggunakan larutan kafein cair sebanyak 0,2 persen secara topikal. 

Baca juga: Benarkah Cokelat Bisa Menyebabkan Jerawat?

Di luar studi ini, belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan apakah teh hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Selain itu, tidak diketahui berapa banyak teh hitam dan kafein yang dibutuhkan atau berapa lama kita harus menggunakan larutan teh hitam di kulit kepala untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Perlu diingat bahwa ada banyak penyebab kerontokan rambut, antara lain malnutrisi, stres, hormon, genetika, dan kerusakan rambut. 

Jika menggunakan teh hitam dirasa tidak memberikan hasil, cobalah pergi ke dokter kulit yang dapat membantu mengetahui penyebab kerontokan rambut dan memberi saran untuk mengatasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com