Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengurangi Garam untuk Kesehatan Jantung?

Kompas.com - 15/02/2023, 12:10 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Kendati garam juga dibutuhkan oleh tubuh, namun terlalu banyak mengonsuminya bisa menyebabkan masalah pada kesehatan jantung.

Oleh karenanya, penting untuk mengurangi konsumsi garam. Lantas, bagaimana cara mengurangi garam agar dapat meningkatkan kesehatan jantung?

Dikutip dari Medical Xpress, Rabu (15/2/2023), garam adalah sumber natrium yang dibutuhkan tubuh untuk, sehingga organ berfungsi dengan baik. 

Namun, masalahnya, terlalu banyak natrium dapat berakibat pada meningkatnya tekanan darah, dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti dari National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI) mencoba mengungkap mekanisme yang menghubungkan kelebihan natrium dan penyakit jantung. Kendati demikian, itu merupakan hubungan kompleks yang kurang dipahami.

Para ahli pun tidak hanya berharap upaya untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi juga mendorong siapa pun yang secara rutin mengonsumsi makanan asin.

Baca juga: Bagaimana Cara Kafein Menghilangkan Rasa Kantuk?

"Sulit bagi kebanyakan orang untuk menghindari makanan yang tinggi sodium, sebagian karena garam tersembunyi di mana-mana dan orang tidak selalu sadar akan makanan yang mengandung sodium dalam jumlah tinggi," kata Alison Brown, Ph.D., direktur program di Program Ilmu Pencegahan dan Kependudukan di Divisi Ilmu Kardiovaskular NHLBI.

Menurut CDC, lebih dari 40 persen natrium yang kita makan setiap hari berasal dari 10 sumber utama makanan.

Cara mengurangi garam untuk kesehatan jantung

Brown mengatakan, salah satu cara terbaik untuk mengurangi garam untuk melindungi kesehatan jantung adalah dengan mengikuti pola makan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH).

Pola makan DASH ini yakni dengan membatasi lemak, gula dan makanan tinggi sodium. Pola makan ini juga menekankan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, hingga daging tanpa lemak dan unggas. Bahkan pola makan ini sudah terbukti secara ilmiah, dalam studi yang dilakukan puluhan tahun, dapat menurunkan tekanan darah.

Berikut cara mengurangi garam untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: Bagaimana Cara Amoeba Pemakan Otak Bisa Masuk ke Otak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com