Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2022, 21:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Demi mencapai kepuasan seksual, tak sedikit orang yang mencoba berbagai sensasi posisi bercinta yang menantang, seperti melakukan seks anal. Namun, tahukah Anda, ternyata ada bahaya mengintai dibalik seks anal.

Lantas, apa itu seks anal dan seperti apa bahayanya?

Pengertian seks anal adalah istilah yang digunakan untuk setiap aktivitas seksual yang melibatkan anus, namun hal ini tidak selalu termasuk hubungan seksual anal, dikutip dari WebMD, Senin (19/12/2022).

Anus adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai jalur keluarnya metabolisme tubuh. Bagian ini dipenuhi dengan ujung saraf, yang membuatnya sangat sensitif.

Namun, banyak orang yang menganggap bahwa seks anal adalah hal yang menyenangkan.

Bahkan, diperkirakan 90 persen pria yang berhubungan seks dengan pria, dan sebanyak 5 persen hingga 10 persen wanita, yang aktif secara seksual sering melakukan hubungan seks anal.

Baca juga: Apa Itu Anal dan Bahaya Seks Anal?

Bahaya seks anal bagi kesehatan

Seperti kebanyakan bentuk seks lainnya, seks anal (anal sex) juga berisiko dan bahaya untuk dilakukan.

Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk merencanakan dan berkomunikasi dengan pasangan saat akan melakukan seks anal. Berikut bahaya-bahaya seks anal yang dapat berisiko terhadap kesehatan.

1. Bahaya seks anal anus rentan robek

Lapisan anus lebih tipis dari vagina. Selain itu, anus tidak memiliki pelumasan alami, sehingga membuat anus akan lebih rentan robek saat melakukan seks anal.

Jaringan dalam anus tidak terlindungi sebaik kulit di luar anus. Bahkan, jaringan eksternal kita memiliki lapisan sel mati yang berfungsi sebagai penghalang atau pelindung terhadap infeksi.

Namun, jaringan di dalam anus tidak memiliki perlindungan alami tersebut, sehingga bahaya seks anal menyebabkan anus sangat rentan terhadap robekan dan penyebaran infeksi.

Baca juga: Bagaimana Seks Anal Sebabkan Luka atau Cedera di Anus?

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com