Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumi dengan Lidah Emas Ditemukan Lagi di Mesir

Kompas.com - 29/11/2022, 10:02 WIB
Nadia Faradiba,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.comArkeolog menemukan beberapa mumi kuno di Mesir dengan pelat emas di tempat lidah seharusnya berada. Penemuan mengejutkan ini berada di tengah Delta Nil.

Lokasi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1989 dan terus diteliti hingga saat ini. Lokasi tersebut dipercaya merupakan sisa zaman Kerajaan Ptelomaik dan Romania pada tahun 300 Sebelum Masehi hingga 640 Masehi.

Mumi lidah emas

Penemuan baru pada lokasi tersebut adalah beberapa tubuh yang dimumifikasi yang terbagi ke dalam tiga periode waktu pada zaman Mesir kuno.

Beberapa diantara tubuh tersebut memiliki tulang yang dilapisi emas, sedangkan beberapa lainnya terkubur dekat emas dengan berbagai bentuk.

Sementara penemuan yang merupakan misteri adalah mimi dengan lidah emas. Arkeologis sudah pernah menemukan mumi dengan lidah yang digantikan emas seperti itu. Namun, hingga kini mereka belum mengetahui makna dibalik lidah emas tersebut.

Pada tahun 2021, arkeolog pernah menemukan mumi dengan lidah emas di lokasi Mesir kino yang berusia 2.000 tahun.

Baca juga: Ratusan Mumi Ditemukan di Dekat Makam Firaun Mesir Tutankhamun

 

Pada lokasi yang berbeda juga ditemukan tiga mumi serupa yang merupakan anak-anak, wanita, dan pria dewasa. Peneliti memperkirakan mumi lidah emas tersebut berusia 2.500 tahun.

Makna dibalik lidah emas mumi Mesir

Walaupun belum ada temuan pasti mengenai makna dibalik lidah emas, para peneliti menduga lidah emas tersebut berkaitan dengan dewa Mesir kuno, yaitu Osiris dan Hades.

Mengganti lidah mumi dengan emas diyakini agar pada alam baka roh orang tersebut akan bersama dengan dewa-dewa tersebut.

Kisah Osiris dan Hades menyebutkan bahwa Osiris menamani dirinya sebagai Dewa Keheningan. Bahkan tidak boleh ada suara di sekitarnya. Suara hanya boleh berbunyi ketika proses mumifikasi jasad, tepatnya pada saat mulut dibuka.

Para ahli meyakini bahwa mengganti lidah mumi dengan emas adalah cara mereka untuk membuat mimi bisa berkomunikasi dengan Osiris tanpa menimbulkan suara.

Sayangnya, ide ini tidak disetujui oleh semua pihak karena pada faktanya tidak semua mumi terkubur menggunakan lidah emas.

Oleh karena itu, tanpa bukti tambahan, para peneliti hanya bisa berspekulasi mengenai maksud dari mumi lidah emas tersebut.

Baca juga: Ratusan Mumi Ditemukan Arkeolog di Pemakaman Kuno Mesir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com