Kompas.com - 21/11/2022, 10:02 WIB


KOMPAS.com- Tak jauh dari makam Firaun Mesir Tutankhamun, arkeolog menemukan piramida yang berisi tumpukan peti mati, ratusan mumi, artefak, serta serangkaian terowongan yang saling berhubungan.

Peneliti menemukannya saat melakukan penggalian selama dua tahun terakhir di Saqqara, sebuah situs arkeologi di Giza yang berlokasi sekitar 32 Km di selatan Kairo.

Benda-benda bersejarah itu, menurut peneliti ditemukan dalam piramida milik Teti, raja pertama Dinasti Keenam Mesir.

"Teti disembah sebagai dewa pada masa Kerajaan Baru sehingga orang-orang ingin dimakamkan di dekatnya," terang Zahi Hawass, ahli Mesir yang mengerjakan penggalian dan pernah menjabat sebagai Menteri Purbakala Mesir.

Tetapi menariknya, sebagian besar penguburan di Saqqara berasal dari Kerajaan Lama atau Periode Akhir.

 

Baca juga: Mumi Mesir Berusia 2.000 Tahun Ini Punya Kanker Hidung, Seperti Apa?

Ratusan mumi Mesir dan artefak yang baru ditemukan ini pun menjadi penting, karena semuanya berasal dari Kerajaan Baru atau dikenal sebagai Kerajaan Mesir (berlangsung dari abad keenam SM hingga abad ke-11 SM).

"Pemakaman dari Kerajaan Baru tak umum di daerah itu, jadi ini sepenuhnya unik di situs Saqqara," kata Hawass.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (19/11/2022) peneliti membeberkan bahwa mereka menemukan 22 terowongan yang saling berhubungan dengan kedalaman 9 hingga 18 meter.

Selain itu juga para arkeolog menemukan sarkofagus batu kapur besar bersama dengan 300 peti mati indah dari periode Kerajaan Baru.

Peti-peti mati berisi ratusan mumi Mesir itu juga memiliki keunikan karena memiliki wajah individu yang membedakan pria dan wanita.

 

Baca juga: Ratusan Mumi Ditemukan Arkeolog di Pemakaman Kuno Mesir

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.