Bakteri Bertahan di Bawah Permukaan Mars Selama 280 Juta Tahun

Kompas.com - 26/10/2022, 19:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Peneliti menyebut bahwa mikroorganisme kemungkinan dapat bertahan di bawah permukaan Mars jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dalam serangkaian percobaan baru, peneliti menemukan bahwa bakteri yang telah mengering atau membeku dapat tetap hidup di kondisi Mars hingga 280 juta tahun.

Ini akan meningkatkan peluang para ilmuwan untuk menemukan bukti jika planet Mars pernah menampung kehidupan.

Seperti dilansir dari New Scientist, Rabu (26/10/2022) sebagian besar percobaan sebelumnya untuk menguji apakah mikroorganisme dapat bertahan dari radiasi intens di planet Mars menggunakan bakteri terhidrasi pada suhu kamar, yang berumur paling lama diperkirakan dapat bertahan hingga satu juga tahun.