Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Kimia Apa Itu Benzena yang Disebut Bisa Picu Kanker?

Kompas.com - 26/10/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Benzena adalah jenis bahan kimia yang tidak berwarna, dan biasanya ditemukan pada produk sampo atau sabun. Namun, paparan bahan kimia benzena ini bisa memicu kanker.

Apa itu benzena yang banyak ditemukan pada produk sampo?

Dikutip dari Chemical Safety Facts, Rabu (26/10/2022), benzena adalah bahan kimia yang tidak berwarna dan berbau manis yang dapat diturunkan dari gas alam, minyak mentah, atau batu bara.

Biasanya, zat benzena ini digunakan sebagai bahan baku untuk membuat bahan kimia lainnya, dan digunakan juga sebagai pelarut dalam industri kimia dan farmasi.

Benzena sebagai bahan kimia penyusun, zat tersebut akan direaksikan dengan bahan kimia lain untuk menghasilkan berbagai bahan kimia lain, yang pada akhirnya menjadi barang konsumsi.

Menurut American Cancer Society, bahan kimia benzena adalah zat yang mudah terbakar dan dapat menguap dengan cepat saat terkena udara.

Zat kimia ini pun umumnya terbentuk secara alami, seperti dari aktivitas gunung berapi dan kebakaran hutan. Akan tetapi, sebagian besar paparan benzena dihasilkan dari aktivitas manusia.

Baca juga: Bahan Kimia Baru Sangat Reaktif Ditemukan di Atmosfer Bumi, Apa Itu?

Di Amerika Serikat, benzena adalah salah satu dari 20 bahan kimia yang paling banyak digunakan, terutama sebagai bahan awal dalam pembuatan bahan kimia lainnya.

Di antaranya produk seperti plastik, pelumnas, karet, pewarna, deterjen, obat-obatan dan pestisida.

Namun, di masa lalu, benzena digunakan sebagai pelarut industri dan zat aditif bensin, akan tetapi penggunaan tersebut telah sangat berkurang dalam beberapa dekade terakhir.

Lantas, bagaimana bahan kimia benzena ini disebut bisa memicu kanker?

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa benzena diketahui dapat menyebabkan kanker, berdasarkan beberapa bukti penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan di laboratorium.

Paparan benzena dikaitkan dengan kanker, sebagian besar menyebabkan kanker darah atau leukimia dan kanker sel darah lainnya.

Baca juga: Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, Ini Efek Sampo Palsu pada Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com