Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2022, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Daun pegagan sejak lama telah dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Tanaman ini diyakini berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan mencegahnya.

Selain untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang terbukti secara ilmiah.

Manfaat daun pegagan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat daun pegagan menurut sains.

1. Daun pegagan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah studi tahun 2016 membandingkan efek ekstrak daun pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke. 

Baca juga: Kandungan Daun Pegagan yang Menyehatkan

Studi kecil ini menilai dampak pada tiga kelompok peserta. Kelompok pertama kelompok mengonsumsi 1.000 mg pegagan per hari, kelompok kedua mengonfirmasi 750 mg pegagan per hari, dan kelompok ketiga mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Meskipun pegagan dan asam folat sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, daun pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

2. Daun pegagan dapat membantu mengobati penyakit Alzheimer

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori dan fungsi saraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Faktanya, satu studi tahun 2012 pada tikus menemukan bahwa ekstrak pegagan memiliki efek positif pada kelainan perilaku pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

Ekstrak daun pegagan jugs memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ini juga bisa melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana pegagan dapat digunakan untuk mengobati Alzheimer. 

3. Daun pegagan dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres

Studi tahun 2016 menemukan bahwa daun pegagan memiliki efek anti-kecemasan pada tikus jantan yang kurang tidur selama 72 jam.

Tikus yang diberi pegagan selama lima hari berturut-turut sebelum mengalami kurang tidur mengalami perilaku kecemasan yang berkurang secara signifikan.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

4. Daun pegagan dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pegagan dapat berguna dalam mengobati varises. Ini mungkin karena pegagan memiliki efek metabolisme positif pada jaringan ikat dinding pembuluh darah.

Baca juga: Ini Manfaat Daun Kelor untuk Alat Vital Pria

5. Daun pegagan dapat membantu meringankan insomnia

Mengingat kemampuannya untuk meredakan kecemasan, stres, dan depresi, daun pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia yang terkadang menyertai kondisi ini. 

Beberapa menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep yang digunakan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Sebenarnya, penelitian yang lebih tua tidak menunjukkan bahwa pegagan dapat membantu mengobati gangguan tidur, studi tambahan diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com