Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya Terkam Remaja di Danau Tolire Ternate, Pakar BRIN Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Kompas.com - 05/08/2022, 16:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang remaja asal Ternate, Maluku Utara berinisial F (15) dilaporkan meninggal dunia usai diterkam buaya saat memancing di Danau Tolire Ternate. Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) setempat, telah melakukan pencarian sejak Rabu lalu.

"Kami akan melihat kondisi medan dulu, karena saat ini jenazah dibawa ke tengah-tengah danau oleh buaya," ujar Kepala Basarnas Kota Ternate Fathur Rahman seperti dikutip dari Antara.

Seperti diberitakan Kompas.com edisi Selasa, 2 Agustus 2022, menurut laporan kronologi yang diterima Basarnas Ternate, sekitar pukul 16.30 WIT, ada enam remaja yang merupakan warga setempat turun ke Danau Tolire untuk memancing ikan.

Baca juga: Bertemu Buaya, Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyelamatkan Diri?

Kemudian, pada pukul 16.50 WIT, tiba-tiba seekor buaya muncul dan menerkam satu dari enam remaja tersebut. Melihat kejadian tersebut, lima remaja lainnya segera menyelamatkan diri dan melaporkan ke Bhabinkamtibnas, masyarakat sekitar, dan tim SAR.

Bukan kali ini saja kasus buaya menyerang manusia. Sebelumnya, juga seorang warga Makian, Halmahera Selatan, Maluku Utara, dilaporkan hilang karena diterkam buaya di Sungai Desa Bale, Oba, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara. Lalu saat ditemukan, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Kompas.com mengubungi peneliti reptil dari Kantor Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr Amir Hamidy, M.Sc, untuk mengetahui penyebab mengapa buaya bisa menerkam manusia.

Menurutnya, buaya muara (Crocodylus porosus) adalah satwa liar yang juga merupakan predator dan karnivora atau pemakan daging. Oleh karena itu, mereka memiliki insting untuk membunuh dan memakan mangsanya.

"Kalau buayanya gede, kita masuk dalam ukurannya dia. Bisa jadi dianggapnya mangsa, atau kita masuk ke teritorialnya juga bisa. Sebab dia menyerang adalah dua hal itu, pertama kita memang dikira mangsa, kemudian kita masuk ke teritorialnya," ungkap Amir, Jumat (5/8/2022).

Terlebih, lanjut Amir, buaya cenderung mencari mangsa menjelang sore hari. Perilakunya yang kerap kali bersembunyi di air pun, membuat manusia sulit untuk membedakan buaya dengan ranting misalnya. 

Baca juga: Kenapa Buaya Sering Membuka Mulut Saat Berjemur? Ini Alasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com