Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Anjing Daging Mentah Picu Penyebaran Bakteri E.coli

Kompas.com - 23/07/2022, 16:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Meski daging mentah disebut sebagai salah satu alternatif makanan yang bisa diberikan untuk anjing, namun makanan ini bisa berpotensi memicu penyebaran bakteri

Ada yang berpendapat bahwa daging mentah akan menambah gizi pada hewan peliharaan kita, misalnya saja membuat bulu mereka menjadi lebih berkilau.

Namun sebuah studi baru mengungkapkan memberi daging mentah ternyata justru dapat meningkatkan penyebaran bakteri yang resisten terhadap antibiotik yaitu Escherichia coli.

Penelitian yang dipimpin oleh tim di University of Bristol telah menemukan anjing yang diberi makan daging mentah lebih mungkin mengeluarkan bakteri Escherichia coli dalam kotoran mereka.

Penelitian ini bahkan menunjukkan pula bahwa ada potensi bakteri untuk menyebar antara anjing ke pemiliknya melalui interaksi sehari-hari.

Hal tersebut membuat peneliti menyarankan memberi anjing dengan daging mentah bukanlah pilihan yang aman.

Baca juga: Bolehkan Anjing Makan Timun? Simak Penjelasannya

Apabila tetap ingin memberi makan anjing dengan daging mentah, maka pemiliki harus mengambil tindakan pencegahan ekstra saat membersihkan daging dan berhati-hati ketika membersihkan anjing.

Dikutip dari Phys, Jumat (22/7/2022) ada dua studi yang dilakukan untuk mendukung temuan tersebut.

Pertama, studi yang dipublikasikan di Journal of Antimicrobial Chemotheraphy ini menyelidiki anjing dewasa dan menemukan hubungan antara anjing yang makan daging mentah dan E.coli yang resisten.

Sementara penelitian kedua yang dipublikasikan di One Health mengamati anak anjing berusia 16 minggu.

Kedua penelitian tentang efek beri makan anjing daging mentah ini menggunakan data dari anjing yang berbeda, menunjukkan bahwa anjing dapat mengeluarkan bakteri resisten tanpa memandang usia atau lamanya waktu mereka diberi makan daging mentah.

Penyebaran bakteri tidak hanya berpotensi muncul pada anjing makan daging mentah, tetapi lingkungan tempat anjing tinggal juga berperan dalam potensi mereka mengeluarkan bakteri resisten.

Baca juga: Peneliti Sebut Anjing Bisa Menularkan Superbug, Bakteri Resisten Antibiotik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com