Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Anjing Suka Menjilati Lukanya? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 11/04/2022, 13:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah melihat hewan peliharaan seperti anjing, yang kerap menjilati luka mereka yang terbuka. Tak hanya anjing, ternyata beberapa hewan lain termasuk semut pun melakukan hal serupa.

Sebenarnya, mengapa anjing menjilati lukanya sendiri?

Dilansir dari Live Science, Minggu (10/4/2022) pensiunan dokter hewan sekaligus profesor emeritus di University of California, Dr Benjamin Hart mengungkapkan, mengoleskan air liur dengan menjilati luka adalah respons alamiah yang dilakukan anjing untuk menyembuhkannya.

Perilaku ini disebabkan oleh seleksi alam, akibatnya iritasi maupun rasa sakit akibat luka di tubuh hewan termasuk anjing bisa segera pulih. 

Baca juga: Menurut Peneliti, Anjing Bisa Tahu saat Manusia Berbohong

"Untuk hewan tanpa ibu jari atau obat, menjilat adalah cara terbaik yang mungkin mereka miliki," papar dokter hewan di University of Minnesota, Dr Kristi Flynn.

Dia menambahkan, menjilat dapat menghilangkan kotoran misalnya potongan kulit yang tertinggal pada luka, sekaligus membantu mengurangi rasa sakit. Respons itu mirip ketika seseorang menggosok bagian tubuh yang menabrak benda keras karena terasa sakit.

"Ketika (hewan) merasakan sakit, itu adalah kecenderungan alami untuk mencoba meringankan sakit di satu area," ujar Flynn.

Senada dengannya, Hart berkata bahwa menjilati luka merupakan naluri anjing yang berasal dari nenek moyangnya. Artinya, hewan tersebut mempelajari apa yang dilihat sejak lama.

"Mereka (anjing) memiliki luka, dan punya naluri untuk menjilatnya (cara merawatnya) adalah untuk menjaganya agar tetap bersih dan membersihkannya dari kotoran," jelasnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Physiology & Behavior tahun 1990, Hart menemukan bahwa air liur beberapa hewan termasuk manusia memiliki sifat antibakteri, pertumbuhan jaringan dan saraf yang mempercepat penyembuhan.

Dia menyebutkan, air liur anjing efektif membunuh Streptococcus canis, infeksi yang menyebabkan hewan mengalami peradangan. Selain itu, jilatan mereka juga dinilai ampuh untuk mematikan bakteri E. coli.

Baca juga: Studi: Anjing Mampu Mengenali Banyak Bahasa dan Kata-kata Asing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com