Mumi Mesir Berusia 2.000 Tahun Ini Punya Kanker Hidung, Seperti Apa?

Kompas.com - 23/07/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Para arkeolog di Polandia telah mempelajari mumi wanita Mesir berusia 2.000 tahun yang meninggal dunia di usia muda. Setelah dipindai, peneliti menemukan kanker hidung pada mumi Mesir ini.

Sebuah bukti menunjukkan, mumi tersebut meninggal karena kanker hidung atau kanker nasofaring, dan penemuan ini dapat memberikan informasi terbaru mengenai asal-usul kanker di masa kuno.

Pada tahun 2018, Wotjek Ejsmond, salah satu dari tiga pendiri Proyek Mummy Warsawa mengatakan, mumi ini pertama kali dibawa ke Polandia tahun 1826 oleh arkeolog Jan Wezyk-Ruzki.

Marzena Ozarek-Szike dari departemen onkologi di Universitas Kedokteran Warsawa yang juga ahli paleontologi Proyek Mummy Warsawa menjelaskan bahwa penelitian mumi Mesir tentang asal kanker dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Science in Poland.

Menurutnya, wanita Mesir ini kemungkinan besar meninggal dunia karena karsinoma nasofaring atau kanker nasofaring, yang terbentuk di saluran hidung.