Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ruang Angkasa Kargo China Deorbit, Mungkin Jatuh di Samudra Pasifik

Kompas.com - 21/07/2022, 17:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Sebuah pesawat ruang angkasa kargo milik China telah lepas landas dari stasiun luar angkasa Tianhe, dan siap dideorbit dalam waktu dekat.

Tianzhou 3 terlepas dari modul inti Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiangong China pada 17 Juli 2022 pukul 02.59 GMT, sekitar 300 hari setelah pesawat ruang angkasa tersebut diluncurkan ke orbit.

Dalam waktu dekat, Tianzhou 3 akan keluar dari orbit, dan kemungkinan kembali ke bumi di atas Samudra Pasifik Selatan.

Tianzhou 3 adalah misi kargo kedua ke Tiangong dan digunakan untuk menguji pemindahan modul dari satu pelabuhan dok ke pelabuhan lainnya.

Menurut Badan Antariksa Berawak China (CMSA), pesawat ruang angkasa ini membuka jalan bagi modul stasiun luar angkasa Wentian untuk bertemu dan berlabuh dengan Tianhe akhir bulan ini.

“Sebelum terlepas, Tianzhou 3 ditambatkan dengan port depan modul inti, yang akan menjadi satu-satunya modul lab yang dipasang Wentian setelah peluncurannya,” kata Jiang Ping, wakil kepala desainer dengan tim pesawat ruang angkasa kargo di Beijing Aerospace Control Center (BACC) seperti dikutip dari Space, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa China Berhasil Merekam Gambar Seluruh Permukaan Planet Mars, Seperti Apa?

Sebagai informasi, pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 3 diluncurkan dengan roket Long March 7 dari Wechang, China Selatan pada September 2021, mengirimkan pasokan ke stasiun luar angkasa Tiangong yang tengah dibangun menjelang misi enam bulan yang diawaki Shenzhou 13.

Uji coba memverifikasi teknologi dan prosedur sebelum peluncuran modul stasiun luar angkasa Wentian yang diharapkan berlangsung pada 24 Juli mendatang.

Peluncuran modul Wentian

Lebih lanjut, China telah siap meluncurkan modul kedua untuk stasiun luar angkasa berawaknya, setelah menempatkan roket Long March 5B ke landasan di pelabuhan antariksa Wenchang.

Modul Wentian diperkirakan akan diluncurkan di atas roket raksasa Long March 5B pada 24 Juli mendatang, dan bergabung dengan modul inti Tianhe di orbit beberapa jam kemudian, menandai langkah besar dalam rencana negara tersebut untuk membangun stasiun luar angkasa Tiangong.

Pesawat ruang angkasa kargo China, Long March 5B memiliki diameter inti 5 meter dan empat penguat samping menambahkan daya dorong ekstra, memungkinkannya untuk meluncurkan muatan seperti modul seberat 22.000 kilogram untuk stasiun luar angkasa China.

Baca juga: Ini Foto Pertama Mars Diabadikan Pesawat Ruang Angkasa Tianwen-1 China

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com