Pesawat Ruang Angkasa China Berhasil Merekam Gambar Seluruh Permukaan Planet Mars, Seperti Apa?

Kompas.com - 01/07/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Pesawat ruang angkasa China, Tianwen-1 disebut telah berhasil memperoleh data citra atau gambar keseluruhan bagian planet Mars, termasuk visual dari kutub selatannya.

Misi luar angkasa tak berawak itu, mengumpulkan data Mars setelah mengelilingi planet lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu.

Menurut Badan Antariksa Nasional China (CNSA), Tianwen-1 yang berarti "pencarian kebenaran surgawi," diluncurkan pada tahun 2020.

Tianwen-1 mendarat di Mars, ketika penjelajah Zhurong memulai misinya untuk berkeliling dan menjelajahi planet.

Baca juga: Tanah di Mars Tunjukkan Kondisi Layak Huni untuk Kehidupan Jangka Panjang

Di antara foto-foto yang dibagikan CNSA, menunjukkan menunjukkan permukaan meliputi bukit pasir merah berdebu, gunung berapi perisai, kawah tumbukan, lapisan es kutub selatan, tebing serta pegunungan ngarai Valles Marineris -- salah satu ngarai terbesar di Tata Surya.

"Gambar diambil oleh pengorbit probe, yang mengelilingi Mars 1.344 kali, mencitrakan planet dari setiap sudut, sementara penjelajah menjelajahi permukaan (planet Mars)," ujar CNSA dilansir dari CNN, Kamis (30/6/2022).

Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 juga mengirimkan kembali citra resolusi tinggi dari tepi kawah Maunder, serta pemandangan Ascraeus Mons setinggi 18.000 m, gunung berapi perisai besar yang pertama kali terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa NASA Mariner 9 lebih dari lima dekade lalu.

Pihaknya menambahkan, selama penjelajahnya mengelilingi Mars didapatkan 1.040 gigabyte data ilmiah mentah. Data tersebut, telah diproses oleh para ilmuwan di dan dikirimkan kepada tim peneliti untuk dilakukan studi lebih lanjut.

CNSA turut membagikan informasi terkait penerbangan pengorbit dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dan Badan Antariksa Eropa (ESA). Sementara ini, data-datanya akan dirilis kepada para ilmuwan internasional di waktu yang tepat.

Baca juga: 5 Karakteristik Planet Mars dan Fakta-fakta Unik Si Planet Merah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.