Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Tes DNA yang Disebut Siap Dilakukan Aktor Rezky Aditya dan Suami Zaskia Gotik?

Kompas.com - 18/07/2022, 18:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suami pedangdut Zaskia Gotik, Sirajuddin Mahmud disebut siap melakukan tes DNA, untuk membuktikan tuduhan Veranosiliyana terkait Hak Pengakuan Anak.

Hal ini disampaikan pengacara Ery Kertanegara seperti dikutip dari pemberitaan Tribunnews, Minggu (17/7/2022) yang mengatakan kliennya ingin membuktikan tudingan yang dialamatkan padanya.

"Jadi ini ada yang ngaku punya anak dengan garis keturunan dari Sirajuddin Mahmud, tentu butuh pembuktian dulu," ujar Ery.

Persoalan terkait tes DNA bukan hanya dialami Sirajuddin, melainkan pernah menyeret nama aktor Rezky Aditya belum lama ini. Dia mengatakan bersedia melakukan tes DNA dengan anak Wenny Ariani, yang pernah menggugatnya di pengadilan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Cicit dari Pemimpin Suku Indian Lewat Tes DNA

"Saya di sini ingin memberitahukan bahwa setelah keputusan kemenangan saya di Pengadilan Negeri, saya langsung berkoordinasi dengan pihak penggugat melalui pengacara saya yang menyampaikan bahwa saya bersedia untuk tes DNA dengan Naira," kata Rezky Aditya seperti diberitakan Kompas.com, edisi 28 Mei 2022.

Lantas, sebenarnya apa itu tes DNA yang disebut-sebut dalam kasus Sirajuddin Mahmud dan Rezky Aditya?

Dilansir dari Cleveland Clinic, Sabtu (21/5/2022) tes genetik atau tes DNA adalah jenis pemeriksaan yang dapat mengidentifikasi perubahan gen, kromosom, atau protein dalam tubuh.

Hasil dari tes genetik, bisa mengonfirmasi atau mengesampingkan kondisi genetik yang dicurigai, serta membantu menentukan peluang seseorang untuk mengembangkan dan meneruskan suatu kelainan genetik.

Guna mengetahui apakah seorang anak merupakan anak kandung dari seorang ayah, maka tes DNA yang bisa dilakukan adalah dengan tes paternitas DNA.

Hasil paternitas DNA hampir 100 persen akurat, dalam menentukan apakah seseorang merupakan ayah biologis anak yang menjalaninya.

Asam deoksiribonukleat (DNA) merupakan materi genetik yang diwarisi dari ibu dan ayah. Adapun tes paternitas mengacu pada garis keturunan ayah.

Tes DNA juga dapat membuktikan apabila Anda memiliki atau tidak memiliki penyakit tertentu. Tes ini pun bisa menentukan risiko kondisi kesehatan lainnya, dan membuktikan apakah Anda membawa gen bermutasi tertentu yang dapat diwariskan kepada anak.

Baca juga: Penemuan Mengubah Dunia: Tes DNA, Bermula dari Temuan Golongan Darah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com