Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jakun, Organ yang Dihilangkan Lucinta Luna Lewat Operasi Potong Leher

Kompas.com - 08/07/2022, 11:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar Lucinta Luna melakukan operasi potong leher untuk menghilangkan jakun, menarik perhatian masyarakat dan ramai diperbincangkan di dunia maya. Namun, apa itu jakun dan organ seperti apakah itu?

Saat masa pubertas, remaja akan mengalami sejumlah perubahan fisik, termasuk pertumbuhan di laring atau kotak suara.

Pada pria, bagian depan tulang rawan tiroid yang mengelilingi laring cenderung menonjol ke luar atau dikenal sebagai jakun.

Perubahan kotak suara dialami baik anak laki-laki maupun perempuan.  Akan tetapi pada anak laki-laki mengembangkan laring yang lebih besar, membuat suaranya lebih dalam dari waktu ke waktu, dan dapat menciptakan tonjolan di bagian depan tenggorokan atau jakun.

Dikutip dari Healthline, Kamis (7/7/2022), tingkat pertumbuhan laring pada perempuan tidak sepenting pria sehingga kebanyakan tidak memiliki jakun.

Ada beberapa wanita dengan laring lebih besar yang kemungkinan disebabkan peningkatan jumlah testosteron yang bertanggung jawab atas perubahan tubuh lainnya seperti rambut tubuh.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Alasan Jakun Bukan Bukti Lucinta Luna Laki-laki

Struktur jakun

Dilansir dari laman WebMD, jakun adalah organ yang terdiri dari tulang rawan tiroid. Tulang rawan adalah jaringan yang sama yang membentuk hidung, telinga, dan tenggorokan (trakea).

Kotak suara dan tenggorokan memiliki beberapa jenis tulang rawan yang saling bekerja sama untuk memastikan saluran udara tetap bersih dan seseorang dapat berbicara. Beberapa tulang rawan tersebut antara lain:

  • Tulang rawan tiroid

Tulang rawan ini adalah yang terbesar, membentuk jakun dan mengelilingi bagian depan kotak suara dan tenggorokan. Bagian ini berfungsi untuk melindungi seluruh bagian depan leher.

  • Tulang rawan krikoid

Tulang rawan krikoid berada di bagian bawah leher dan berbentuk cincin. Ini adalah satu-satunya tulang rawan yang membungkus sepenuhnya di sekitar tenggorokan.

  • Tulang rawan epiglotis

Tulang rawan epiglotis adalah salah satu yang paling penting dikarenakan memungkinkan udara masuk ke paru-paru.

Tulang rawan pada jakun ini berbentuk flap, berada tepat di bawah tulang rawan tiroid. Tulang rawan epiglotis juga menghentikan makanan memasuki saluran napas setiap kali seseorang makan.

Baca juga: 4 Organ yang Termasuk dalam Sistem Ekskresi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com