Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Reptil Laut Raksasa Ditemukan di Pegunungan Alpen, Kok Bisa?

Kompas.com - 04/05/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Ilmuwan menemukan fosil reptil laut raksasa yang pernah menjelajahi lautan Bumi pada ratusan juta tahun lalu. Uniknya, fosil ini ditemukan di ketinggian, yakni di Pegunungan Alpen, Swiss.

Reptil laut raksasa ini disebut ichthyosaurus, ditemukan di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss di ketinggian hingga 2.740 meter di atas permukaan laut.

Dilansir dari Reuters, Rabu (4/5/2022), para ilmuwan menggambarkan fosil tulang rusuk dan tulang belakang dari dua individu ichthyosaurus.

Satu reptil yang ditemukan dengan panjang sekitar 21 meter dan ichthyosaurus lainnya diperkirakan memiliki panjang sekitar 15 meter.

Para ilmuwan menggambarkan ukuran makhluk laut purba dari individu ketiga yang ditemukan dengan gigi terbesar, diketahui lebih besar dibandingkan ichthyosaurus yang pernah ditemukan sebelum-sebelumnya.

Lebar gigi reptil laut raksasa ini mencapai 6 cm dan panjang gigi mencapai 15 cm. Temuan ini menunjukkan bahwa fosil reptil laut raksasa tersebut adalah predator paling menakutkan di masa itu.

Baca juga: Temuan Fosil Reptil Laut Ungkap Hewan Raksasa Paling Awal di Bumi

Fosil-fosil reptil laut ichthyosaurus berasal dari sekitar 205 juta tahun yang lalu, menjelang akhir Periode Trias.

Ketiga individu hewan laut yang ditemukan di Pegunungan Alpen tersebut sebagai ichthyosaurus raksasa yang pernah menghuni lautan purba saat dinosaurus mulai mendominasi daratan.

"Gigi (ichthyosaurus) itu sangat menarik karena mungkin mewakili hewan terbesar yang pernah menghuni Bumi," kata ahli paleontologi Martin Sander dari University of Bonn, penulis utama studi.

Studi penemuan fosil reptil laut raksasa ichthyosaurus di Pegunungan Alpen ini telah diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology. Fosil tersebut ditemukan di atas Gunung Crachenhorn dekat Davos.

Selain itu, berdasarkan fakta, ichthyosaurus sepanjang 18 meter yang dijelaskan tahun lalu, memiliki gigi dengan lebar dasar 2 cm.

Sander mengatakan, "Gigi (fosil reptil laut raksasa ditemukan di Pegunungan Alpen) dengan lebar 6 cm ini mungkin berasal dari hewan yang panjangnya 54 meter (177 kaki),".

Baca juga: Ahli Temukan Fosil Reptil Laut Berusia 112 Juta Tahun di Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com