Kompas.com - 08/12/2021, 20:05 WIB
Penemuan fosil ichthyosaurus di pedalaman Queensland Australia. Museum Kronosaurus KornerPenemuan fosil ichthyosaurus di pedalaman Queensland Australia.

KOMPAS.com - Ahli paleontologi menemukan fosil ikan yang disebut Ichthyosaurus berusia ratusan juta tahun di wilayah pedalaman Queensland, Australia.

Fosil tersebut ditemukan ahli paleontologi, Kevin Petersen. Menurut dia fosil itu dijuluki sebagai "kadal laut" besar berusia 112 juta tahun yang pernah berkembang biak di Great Artesian Basin.

Dilansir dari Abc News, Rabu (8/12/2021) Petersen menemukan sepotong rahang hewan tersebut yang tampak mencuat dari tanah di wilayah Richmond, di barat laut Queensland.

"Yang istimewa dari penemuan ini adalah moncong dan rahang yang kami temukan sangat utuh dan ini adalah potongan-potongan yang signifikan," ujar pendiri museum fosil Kronosaurus Korner, Rob Ievers.

Baca juga: Ahli Temukan Fosil Tertua dari Kerabat Manusia yang Misterius

Dia menyebutkan, ikan yang mirip lumba-lumba ini memiliki panjang sekitar satu meter dan dinilai menjadi salah satu reptil laut yang sangat besar. 

Sementara itu, fosil ikan tersebut tengah dipersiapkan untuk dipajang di museum Kronosaurus Korner.

Di sisi lain, sisa-sisa tulang itu harus ditutup dengan plester untuk menghilangkan tanah yang menempel sebelum dipindahkan ke museum.

"Hal yang hebat dari museum ini adalah semua fosil kami asli, kami tidak menggunakan model. Ini menjadi sorotan besar bagi orang-orang yang datang mengunjungi kawasan ini," ungkap Ievers.

Spesies Ichthyosaurus adalah reptil laut dengan tubuh ramping yang memungkinkan mereka dapat berenang di air dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, mereka juga memiliki mata yang besar jika dibandingkan vertebrata lain. Mata ini berguna untuk mengintai saat predatornya yaitu plesiosaurus mendekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber ABC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.