Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Reptil Bersayap Berukuran Raksasa Ditemukan di Skotlandia, Seperti Apa?

Kompas.com - 23/02/2022, 20:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para peneliti telah menemukan reptil bersayap yang berukuran raksasa di pantai Isle of Skye, di Skotlandia.

Mereka mengungkapkan bahwa fosil reptil bersayap yang dikenal sebagai pterosaurus ini memiliki lebar sayap lebih dari 2,5 meter.

Hewan yang diyakini pernah hidup di periode Jurassic ini, diperkirakan terakhir hidup pada 170 juta tahun yang lalu.

Tim peneliti berkata, hal itu dibuktikan dengan gigi pterosaurus yang ditemukan dalam keadaan baik dengan enamel mengkilapnya.

Fosil pterosaurus yang baru ditemukan ini diberi nama Gaelik Dearc sgiathanach (dibaca jark ski-an-ach) , yang jika diterjemahkan artinya adalah reptil bersayap.

Baca juga: Dinosaurus Terbang dari Australia Ini Diklaim aebagai Pterosaurus Terbesar

Dilansir dari CNN, Selasa (22/2/2022) fosil tersebut pertama kali ditemukan selama penelitian di tahun 2017. Pada saat itu, mahasiswa doktoral di University of Edinburgh, Amelia Penny, melihat rahang reptil yang muncul di batu pantai Isle of Skye.

"(Temuan) ini adalah fosil Skotlandia superlatif. Pelestariannya luar biasa, melampaui pterosaurus yang pernah ditemukan di Skotlandia dan mungkin kerangka terbaik yang ditemukan sejak zaman Mary Anning di awal 1800-an," ujar profesor dan Kepala Palaeontology and Evolution di School of GeoSciences University of Edinburgh, Steve Brusatte.

Dia menambahkan, bahwa fosil Dearc adalah pterosaurus terbesar yang sejauh ini ditemukan, dan timnya menduga ukuran dari reptil ini mungkin lebih besar dari dugaan awal.

Pada periode Cretaceous, sebelum serangan asteroid yang memusnahkan dinosaurus 66 juta tahun yang lalu, pterosaurus seperti Quetzalcoatlus diperkirakan memiliki lebar sayap hingga 12 meter.

Adapun penemuan fosil reptil bersayap pterosaurus tersebut, telah dipublikasikan pada 22 Februari 2022 di jurnal Current Biology.

Baca juga: Tulang Ikan Raksasa Ditemukan Terdampar di Kepulauan Selayar, Peneliti Duga Milik Paus atau Hiu

Untuk diketahui, pterosaurus adalah vertebrata pertama yang diketahui berevolusi dengan penerbangan bertenaga, sebuah prestasi sekitar 50 juta tahun lalu, sebelum burung melakukannya.

Agar dapat terbang, pterosaurus membutuhkan tulang yang ringan dan halus, sehingga sisa-sisa kerangka yang menjadi fosil biasanya jarang ditemukan dalam keadaan baik, karena rapuh.

"Untuk bisa terbang, pterosaurus memiliki tulang berongga dengan dinding tulang tipis, membuat sisa-sisa mereka sangat rapuh dan tidak layak untuk (dilestarikan) selama jutaan tahun," jelas mahasiswa dari University of Edinburgh, Natalia Jagielska.

Selain temuan fosil reptil bersayap raksasa, sebelumnya juga ditemukan jejak kaki Stegosaurus serta dinosaurus lainnya di daerah Skye di Skotlandia.

Para ahli paleontologi juga percaya wilayah ini pernah menjadi rumah bagi sekelompok dinosaurus yang pada saat itu masih hidup.

Jagielska dan timnya pun akan terus mempelajari kerangka tersebut, untuk memahami bagaimana hewan purba tersebut hidup dan bisa terbang.

Baca juga: Temuan Fosil Reptil Laut Ungkap Hewan Raksasa Paling Awal di Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com