Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Busur dan Panah Jadi Senjata Andalan Manusia Purba

Kompas.com - 18/04/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Busur dan panah layak mendapat penghargaan sebagai senjata andalan dalam sejarah manusia.

Peneliti menyebut panah menjadi penting bagi Homo sapiens untuk menaklukan planet ini serta membantu manusia modern keluar dari asal mereka di Afrika puluhan ribu tahun yang lalu.

Seperti dikutip dari Guardian, Minggu (17/4/2022) bukti teknologi busur dan panah ini ditemukan di gua-gua di Afrika Selatan dan berasal dari sekitar 64.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Perubahan Pola Hidup Jadi Petani Bikin Manusia Purba Lebih Pendek

Sementara di luar Afrika, bukti paling awal dari teknologi memanah ini adalah temuan mata panah berusia 48.000 tahun di Sri Lanka.

Tetapi kini, peneliti tampaknya menemukan bukti penggunaan busur dan panah paling tua di luar Afrika yang diperkirakan berumur sekitar 54000 tahun. Peneliti menemukannya di gua Grotte Mandrin di Lembah Rhone, Prancis Selatan.

Hanya saja studi yang dipimpin oleh Ludovic Slimak dari Universitas Toulouse ini tengah memastikan apakah artefak yang mereka temukan merupakan mata panah atau bukan.

Dengan menggunakan panah, seorang manusia purba dapat membunuh mangsanya pada jarak yang cukup jauh tanpa membahayakan diri mereka sendiri.

Panah juga memberi manusia modern keunggulan utama dari Neanderthal yang akhirnya dapat menduduki Eropa.

“Seekor hewan yang berjarak 100 meter akan berpikir Anda terlalu jauh untuk menjadi berbahaya dan tidak akan menjauh. Dengan busur dan anak panah manusia purba pun dapat berburu dengan aman serta menyediakan lebih banyak protein untuk kelompoknya," kata Slimak kepada Observer.

Lebih lanjut, hal penting dalam membuat busur dan panah adalah pengetahuan mengenai bahan seperti jenis pohon yang memiliki kelenturan yang tepat karena busur harus tahan terhadap tekanan yang cukup besar.

Selain itu juga perlu seorang ahli untuk membuat senar, mata panah, dan poros panah. Seluruh teknologi membutuhkan keahlian yang tinggi.

Baca juga: Sejak 70.000 Tahun Manusia Sudah Gunakan Panah Beracun, Ini Penjelasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com