Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan, Studi Jelaskan

Kompas.com - 11/04/2022, 12:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NPR

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin merasa nyaman, jika tidur dengan kondisi lampu yang menyala.

Namun ternyata, paparan cahaya ketika tidur bisa berdampak negatif pada kesehatan, salah satunya meningkatkan detak jantung serta mengganggu kadar gula darah.

Hal tersebut didapatkan dari studi yang dilakukan sejumlah peneliti di Northwestern University di Chicago. Mereka menemukan bahwa paparan cahaya dalam buatan seperti televisi, alat elektronik, hingga lampu di malam hari bisa meningkatkan detak jantung saat tidur.

Baca juga: Kurang Tidur Terbukti Sebabkan Penumpukan Lemak di Perut, Studi Jelaskan

Selain itu, bahaya tidur dengan lampu menyala lainnya adalah mengganggu sistem metabolisme glukosa darah keesokan harinya.

"Saya terkejut bahwa sejumlah kecil cahaya yang masuk melalui mata menuju otak masih memiliki efek yang sangat signifikan," ujar penulis studi di Northwestern University Dr Phyllis Zee, dilansir dari NPR, Jumat (1/4/2022).

Temuan ini, kata dia, membuktikan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa paparan cahaya buatan saat malam hari, bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, serta sindrom metabolik.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti merekrut 20 orang dewasa berusia muda lalu menempatkan mereka di laboratorium selama 3 hari 2 malam.

Sepekan sebelum penelitian, peneliti mengevaluasi kebiasaan tidur peserta menggunakan alat untuk merekam gelombang otak dan buku harian.

Menurut studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences tahun 2022 ini, peserta penelitian diacak untuk mengambil bagian dalam salah satu dari dua kondisi tidur yaitu, kondisi cahaya kamar redup serta terang.

Hasilnya menunjukkan, bahwa tidak seperti mereka yang menghabiskan dua malam dalam kamar redup, kelompok yang terpapar cahaya mengalami peningkatan detak jantung sepanjang malam.

Zee menjelaskan penyebab detak jantung dan kadar insulin meningkat saat tidur dengan lampu menyala, kemungkinan disebabkan oleh munculnya gairah selama tidur.

Cahaya juga dapat memengaruhi jam sirkadian ataupun sekresi melatonin. Beberapa ilmuwan telah mengaitkan gangguan melatonin dengan sejumlah penyakit termasuk kanker, dan diabetes.

Baca juga: 4 Efek Samping Tidur dengan Lampu Menyala

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com