Kompas.com - 11/04/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami tiba-tiba telinga Anda berdenging? Kenapa telinga berdengung sebelah kanan?

Telinga berdenging

Dalam dunia medis, telinga berdenging disebut juga dengan tinitus. Kondisi ini digambarkan dengan Anda mendengar suara dari telinga Anda, namun suara tersebut bukan berasal dari luar.

Suara denging tersebut bisa memicu frustrasi jika terjadi sering dan terus menerus. Bahkan, suara ini bisa mengganggu suara yang nyata yang berasal dari sekitar Anda.

Penyebab telinga berdenging

Terdapat beberapa penyebab telinga berdenging sebelah kanan yang bisa dijelaskan secara medis. Secara umum, suara yang tidak nyata itu timbul akibat adanya gelombang yang ditangkap oleh telinga bagian tengah.

Otak akan menganggap sinyal gelombang tersebut sebagai suara yang bisa didengar. Pada beberapa kasus, terjadi kerusakan pada telinga tengah sehingga mempengaruhi otak memproses sinyal yang diterima telinga.

Kondisi tersebut bisa timbul sebagai hasil dari beberapa penyebab telinga berdenging berikut ini:

1. Kehilangan pendengaran

Kehilangan pendengaran paling banyak mempengaruhi orangtua seiring bertambahnya usia. Menurunnya fungsi pendengaran akibat usia biasanya dimulai pada usia 60 tahun.

2. Infeksi telinga atau lubang telinga tertutup

Lubang atau saluran telinga Anda bisa tertutup oleh cairan akibat infeksi telinga, kotoran telinga yang menumpuk, atau benda asing. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan dalam telinga meningkat dan menyebabkan tinitus.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Berdengung di Telinga Kita?

3. Trauma pada kepala atau leher

Trauma pada kepala atau leher bisa menyebabkan rusaknya telinga dalam, saraf telinga, dan bagian otak yang berfungsi mengolah informasi dari telinga. Trauma ini bisa terjadi karena benturan, kecelakaan, atau pukulan yang keras.

4. Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan bisa menimbulkan tinitus, terutama yang dikonsumsi dalam dosis yang besar. Jika penyebabnya adalah obat-obatan, ketika obat dihentikan, maka tinitus akan menghilang. Contoh obat yang menyebabkan telinga berdenging adalah antibiotik, obat kanker, obat diuretik, antidepresan, dan obat antimalaria.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.